Hai Sobat CAN, sadarkah kalian kalau saat ini karir di bidang IT terus mengalami peningkatan . Hal tersebut didukung dengan adanya kemajuan teknologi yang ada. Banyaknya website, aplikasi yang membantu kegiatan sehari-hari membuka mata kita jikalau saat ini semua hal serba di digitalisasi. Proses digitalisasi merupakan hal yang penting untuk era saat ini dimana kita memanfaatkan teknologi berbasis digital untuk hampir setiap aspek kehidupan manusia supaya semuanya bisa mudah dan cepat melalui internet. Karena banyaknya digitalisasi maka peran seorang IT akan sangat dibutuhkan. Biasanya karir bidang IT seperti developer atau programmer harus mampu memahami coding. Maka dari itu, jika tertarik dibidang IT maka dipastikan kita mampu menggunakan Bahasa pemrograman terlebih dahulu.

Pada artikel ini akan membahas tren Bahasa pemrograman yang wajib dikuasai di tahun 2022 tahun ini. Berikut adalah 7 daftar Bahasa pemrograman yang menjadi trending di tahun 2022  yang dikutip dari fireart.studio :

1. Python

CAN Creative : Jasa-Pembuatan-Aplikasi-Mobile-Website

Berdasarkan statista.com, Bahasa Pemrograman Python dipilih sebanyak 48,2% oleh para developer. Python merupakan Bahasa berorientasi objek sehingga juga bisa digunakan untuk membuat website yang kompleks. Beberapa perusahaan IT ternama seperti Google, Pinterest, Wikipedia, Yahoo, Instagram, Youtube, Dropbox, dan lainnya menggunakan pengembangan Bahasa Python. Selain itu Python memiliki beberapa kelebihan fitur seperti mudah dipelajari oleh pemula, sering digunakan oleh beberapa web aplikasi, dan sudah banyak didistribusikan dengan bebas dan gratis (open source) baik untuk kepentingan pribadi dan professional.

2. Java

CAN Creative : Jasa-Pembuatan-Aplikasi-Mobile-Website

Java merupakan Bahasa pemrograman dengan hak milik oleh Oracle. Sama seperti python, Java juga menjadi Bahasa programming tingkat tinggi yang memungkinkan untuk membuat website atau aplikasi menjadi mudah. Java dapat digunakan untuk berbagai hal seperti web, software engineering, back end, data science, big data, dan masih banyak lagi. Kelebihan fitur yang dimiliki oleh java diantaranya : memiliki banyak library yang open source, komunitasnya besar, dan tingkat keamanannya tinggi.

3. JavaScript

CAN Creative : Jasa-Pembuatan-Aplikasi-Mobile-Website

JavaScript merupakan Bahasa pemrograman yang tepat dalam pengembangan front-end web. Bahasa Pemrograman JavaScript bisa menambahkan elemen dinamis di landing page mereka seperti grafis animasi, tombol bisa diklik, dan efek mouseover sehingga meningkatkan interaktibitas di halaman web. Selain itu JavaScript juga menawarkan desain yang intuitif sehingga cocok dalam pengembangan aplikasi.

4. C#

CAN Creative : Jasa-Pembuatan-Aplikasi-Mobile-Website

Bahasa Pemrograman C# menjadi Bahasa pemrograman berbasis objek dimana model yang mengatur desain software menurut objek. Bahasa ini lebih mudah daripada pendahulunya yaitu C dan C++ karena sintaksnya yang simple dan hierarki classnya yang tersusun rapi. Dahulu C# digunakan sebagai Bahasa Microsoft untuk .NET framework. Namun karena saat ini sudah compatible di bebeerapa sistem operasi maka Bahasa ini juga bisa untuk mengembangkan aplikasi android dan iOS serta mengembangkan game 2D dan 3D di Unity. Bahasa C# dipilih oleh beberapa perusahaan seperti Microsoft, Delivery Hero, Stack Overflow, dan masih banyak lagi.

5. C/C++

CAN Creative : Jasa-Pembuatan-Aplikasi-Mobile-Website

Bahasa pemrograman C++ menawarkan versi lebih tinggi dari C.  Bahasa ini memadukan Bahasa level rendah dan tinggi maka Bahasa ini cocok untuk programming sistem yang memungkinkan abstraksi project lebih kecil, dan mendukung OOP, generic, dan imperaktif. Bahasa coding ini menjadi Bahasa coding yang paling rumit dipejari oleh para pemula jarena sintaksnya yang rumit.Perusahaan yang menggunakan pengembangan Bahasa ini yaitu Linkedln, Evernote, Opera, dan masih banyak lagi.

6. PHP

CAN Creative : Jasa-Pembuatan-Aplikasi-Mobile-Website

PHP merupakan salah satu Bahasa back-end yang banyak diterapkan oleh web developer karena menjadi Bahasa utama untuk WordPress. PHP mudah dipelajari dibandingkan Bahasa pemrograman lainnya dan juga banyak resource yang tersedia untuk pemula. Selain itu framework PHP juga bisa untuk pengembangan website dan aplikasi diantaranya Laravel, Symfoni, dan Codelgniter. PHP juga bersifat Open-Source dan banyak dukungan komunitas sehingga cocok bagi pemula.

7. R

CAN Creative : Jasa-Pembuatan-Aplikasi-Mobile-Website

Bahasa R merupakan Bahasa pemrograman dan perangkat lunak yang digunakan untuk analisis statistika dan visualisasi data berupa grafik. Bahasa ini tidak terlalu terkenal jika dibandingkan Bahasa pemrograman lainnya yang ada diatas. Namun Bahasa ini cocok digunakan oleh para professional mengingat Bahasa ini bagus untuk komputasi statistic dan grafik. Selain itu Bahasa ini juga lebih tinggi daripada Python sehingga bisa membuat yang lebih dinamis dan kompleks.

Dari tujuh Bahasa pemrograman memiliki sisi keunggulan masing-masing. Jika kalian berniat membangun karir dibidang IT maka jangan berhenti belajar Bahasa pemrograman yang menjadi trending saja. Kalian harus update dan tahu mengenai Bahasa pemrograman yang ada untuk meningkatkan kualitas diri sebagai programmer. Namun seorang programmer tidak diwajibkan paham 100 bahasa pemrograman yang ada, Kalian bisa memahami beberapa Bahasa pemrograman secara spesifik dan luas.

Bagaimana dengan kalian Sobat CAN ? Apakah setelah membaca artikel ini kalian berniat untuk mempelajari Bahasa pemrograman ? Jika kalian merasa kesulitan dalam mempelajari Bahasa pemrograman jangan khawatir karena ada kami CAN Creative yang siap membantu kalian. Hubungi CAN Creative untuk mendapatkan penawaran menarik. Kami aktif di sosial media facebook CAN Creative, instagram @cancreative dan juga website can.co.id. CAN Creative, Make Things Easier.