Haloo Sahabat CAN Creative! Setiap bisnis pasti mempunyai strategi marketing yang berbeda-beda. Agar bisnis terus meningkat maka perlu memanfaatkan Unique Selling Point (USP) dengan baik agar terus melesat tinggi meninggalkan para pesaingnya. Lebih dari itu, bisnis juga akan mengalami peningkatan penjualan yang luar biasa. Memangnya apa saja sih tips untuk menentukan Unique Selling Point (USP) untuk kelangsungan bisnis? CAN Creative sebagai Consultant IT akan memberikan penjelasan terkait persoalan tersebut pada artikel berikut ini yaaa! Selamat membaca dan semoga bermanfaat!
Apa itu Unique Selling Point (USP)
Unique Selling Point (USP) merupakan sebuah konsep dimana menunjukkan keunggulan suatu produk atau jasa pada customer jika dibandingkan dengan kompetitor dengan bidang sejenis. Pada umumnya, Unique Selling Point (USP) mengacu pada nilai jual yang berbeda dan lebih unggul dibanding dengan kompetitor. Nilai jual yang unik ini bisa berupa banyak hal mulai dari kualitas barang, harga miring, bentuk khusus suatu produk, fitur yang eksklusif, dan lain-lain.
Tips Menentukan Unique Selling Point (USP) yang Efektif
Setelah menyadari pentingnya Unique Selling Point (USP) untuk kelangsungan bisnis, dibawah ini terdapat beberapa cara yang bisa digunakan untuk menentukan Unique Selling Point (USP) sebagai berikut:
1. Cari Tahu Apa yang Menjadi Kebutuhan Customer
Pikirkan dengan benar apa yang dibutuhkan dan diinginkan oleh customer pada produk Anda. Ketahui apa yang bisa membuat customer akhirnya lebih memilih produk Anda daripada lainnya. Misalnya kualitas pelayanan yang bagus, harga murah, dan lainnya. Berbagai aspek pendukung inilah yang bisa Anda jadikan sebagai Unique Selling Point (USP).
2. Perhatikan Perilaku dan Motivasi Customer Saat Membeli Produk
Mempelajari perilaku dan motivasi customer saat mereka membeli produk Anda merupakan hal yang perlu dilakukan. Hal ini berkaitan erat dengan buyer persona yang merupakan gambaran rinci tentang siapa yang membeli produk Anda, apa yang mereka inginkan, dan bagaimana cara merekea menerima informasi tentang sebuah produk. Dengan mengenali buyer persona ini, maka Anda akan mendapatkan banyak wawasan tentang customer.
3. Pelajari Psikologi Customer
Dengan memahami psikologi customer, Anda akan mengerti seperti apa kepuasan batin yang customer inginkan dari produk yang Anda jual. Hal ini dapat membantu bisnis Anda dalam menghasilkan Unique Selling Point (USP) yang Efektif.
4. Cari Tahu Unique Selling Point (USP) Kompetitor
Mencari tahu soal Unique Selling Point (USP) kompetitor bukan berarti mencontek Unique Selling Point (USP) yang mereka gunakan. Hal ini dilakukan untuk mencari tahu apa yang kurang dari bisnis mereka sehingga Anda dapat menggunakan kelemahan kompetitor untuk menciptakan Unique Selling Point (USP) yang terbaik demi kepentingan bisnis Anda.
5. Komunikasikan USP Bisnis di Berbagai Channel Marketing
Channel marketing menjadi saluran yang dapat mendistribusikan berbagai informasi terkait produk atau layanan yang ditawarkan. Hal ini akan memberi kemudahan dalam memperluas cakupan atau segmentasi pasar. Saat Anda mengkomunikasikan Unique Selling Point (USP), maka produk yang Anda tawarkan akan menjadi lebih dikenal oleh berbagai kalangan.
Nah itu tadi merupakan definisi serta tips menentukan Unique Selling Point (USP) yang efektif. Setiap bisnis yang memiliki keunikan tersendiri pasti akan cepat unggul di pasar. Oleh karena itu, pelaku bisnis harus cepat tanggap dalam melihat fenomena apa saja yang menjadi kebutuhan customer yang dapat berubah setiap waktu, sehingga dapat menentukan Unique Selling Point (USP) dengan segera. Jika ada hal yang ingin ditanyakan terkait Unique Selling Point (USP), pembuatan aplikasi mobile ataupun website kami dari CAN Creative selalu siap membantumu. Yuk, segera konsultasikan bisnismu melalui website can.co.id