Haloo Sahabat CAN Creative! User Generated Content (UGC) menjadi strategi pemasaran yang efektif lohh karena konten promosi memiliki kesan yang lebih natural dari iklan. Kesan ini dapat dilihat dari cara User Generated Content (UGC) creator dalam menjelaskan penggunaan produk yang disertai dengan pengalaman personal. Jadi, alih-alih Anda yang melakukan pemasaran justru penggunalah yang akan mempromosikan produk Anda secara sukarela. CAN Creative sebagai Consultant IT akan memberikan penjelasan terkait persoalan tersebut pada artikel dibawah ini, yukk jangan lupa dibaca ya dan semoga bermanfaat!
Apa itu User Generated Content (UGC)?
User Generated Content (UGC) adalah konten yang diciptakan oleh customer atau pengguna yang berupa ulasan atau testimoni berkaitan dengan penggunaan produk dan layanan suatu bisnis. Pada umumnya konten ini berasal dari pengalaman nyata customer, bukan dari konten yang dibuat oleh brand atau bisnis pada umumnya. Dengan User Generated Content (UGC) dapat membantu customer melihat review produk sebelum dan memperkuat keyakinan customer sebelum membelinya. Selain itu, User Generated Content (UGC) dapat membangun kepercayaan dan meningkatkan kredibilitas brand serta meningkatkan keterlibatan customer dalam promosi bisnis.
Kenapa User Generated Content (UGC) Penting untuk Bisnis?
Ada beberapa alasan penting kenapa User Generated Content (UGC) menjadi kunci perkembangan bisnis digital yaitu diantaranya sebagai berikut:
1. Meningkatkan Traffic Organik
Ketika customer Anda membuat User Generated Content (UGC), pastinya postingan mereka akan mention akun Instagram binsnis Anda. Dengan adanya postingan tersebut akan menjangkau user atau target pasar yang lebih luas lagi. Selain itu, apabila user tersebut tertarik maka mereka akan melakukan klik mentionan brand Anda dan mengulik lebih dalam terkait produk yang Anda jual. Dari sinilah akun Anda bisa mendapatkan traffic secara organik.
2. Meningkatkan Brand Awareness
Brand Awareness merupakan sejauh mana produk Anda dikenal oleh customer. Hal ini menjadi langkah awal untuk mencari lebih banyak customer dan membuat mereka akan terus menerus membeli produk Anda. Membuat customer sadar akan merek bukanlah hal yang mudah dan memerlukan proses yang panjang. Salah satu cara agar dapat meningkatkan kesadaran merek adalah dengan User Generated Content (UGC). Apabila terdapat salah satu customer yang membuat ulasan tentang produk Anda, maka akan ada lebih banyak user baru yang mengenali produk tersebut. User akan mencari tahu lebih lanjut tentang produk anda dan secara tidak langsung akan terus mengingat pada produk atau brand Anda. Semakin banyak User Generated Content (UGC) maka bisnis Anda semakin mudah dikenali, itulah mengapa menerapkan User Generated Content (UGC) sangat penting dalam sebuah bisnis.
3. Memberikan Sumber Konten yang Autentik
Customer lebih percaya terhadap konten yang berisikan ulasan atau review yang berasal dari customer langsung. Customer yang sudah pernah menggunakan produk Anda akan memberikan pengalaman pribadinya secara jujur. Namun, hal ini berbeda apabila dari brand itu sendiri yang memberikan ulasan yang mengakibatkan customer kurang percaya. Selain itu, customer yang membuat User Generated Content (UGC) juga tidak diberi bayaran apapun itu yang aritnya mereka memang murni secara sukarela memberikan review dan ulasan yang autentik atau sesuai dengan faktanya. Apabila terdapat customer yang tidak dengan sengaja menemukan postingan User Generated Content (UGC) mereka tertarik akan produk tersebut, lama kelamaan mereka akan membeli salah satu produk karena dari honest review tersebut.
4. Memperkuat Digital Presence
Tampil atau muncul pada platform digital seperti website dan sosial media merupakan hal yang perlu diperhatikan bagi pemilik sebuah bisnis atau yang sering disebut dengan digital presence. Digital presence merupakan hal penting yang perlu dilakukan agar semakin banyak customer yang tahu tentang produk Anda. Salah satu yang dapat membuat brand Anda tampil di internet yaitu dengan adanya User Generated Content (UGC). Konten merupakan salah satu faktor yang bisa digunakan untuk membantu memperkuat kehadiran online. Dengan memperoleh User Generated Content (UGC) dari customer artinya Anda juga bisa melakukan repost kembali. Dengan begitu, peluang produk Anda tampil di internet akan lebih besar dan semakin memperkuat digital presence.
Demikian penjelasan lengkap mengenai User Generated Content (UGC). Jadi, dengan User Generated Content (UGC) dapat membantu customer melihat review produk sebelum mereka yakin akan membelinya. Selain itu juga dengan menerapkan User Generated Content (UGC) pada bisnis dapat membangun kepercayaan dan meningkatkan kredibilitas brand. Bagaimana sampai sini sudah jelaskan terkait User Generated Content (UGC)? Jika ada hal yang ingin ditanyakan terkait User Generated Content (UGC) atau ingin melakukan pembuatan aplikasi mobile ataupun website namun tidak tahu harus pergi kemanaa?? Tenanggg sajaaaa kami dari CAN Creative selalu siap membantumu. Yuk, segera konsultasikan bisnismu melalui website can.co.id