Halooo sahabat CAN Creative! Di jaman yang serba digital saat ini pasti kalian tau kan apa itu Content Pillar? Yapsss.. Content Pilllar merupakan poin utama dalam strategi perkontenan loh. Lalu, mengapa Content Pillar itu penting? Jika kamu masih bingung, bertanya-tanya dan ingin mengetahui lebih dalam mengenai hal tersebut, CAN Creative sebagai Consultant IT akan memberikan penjelasan terkait hal tersebut lewat artikel berikut ini, yukk mari simak penjelasan satu ini yaa.
Apa itu Content Pillar?
Content pillar merupakan pedoman terkait konten agar konten yang dibuat tetap engaging dan berhasil menyasar audiens. Content pillar juga berperan dalam merumuskan kerangka strategi dalam menghubungkan antara artikel yang satu dengan yang lain secara runtut. Dengan demikian audiens akan merasa terbantu menemukan segala jenis informasi yang dibutuhkan dalam satu spot saja. Hal inilah yang membuat content pillar membantu penulisan konten menjadi lebih terarah karena sasarannya sudah jelas yaitu sesuai selera audiens.
Strategy Content Pillar
Adapun tahapan terkait strategi Content Pillar yaitu sebagai berikut:
1. Mengerti Dengan Baik Selera Audiens
Konten yang dibuat pada umumnya harus menentukan tema yang tepat dalam content pillar, karena hal ini harus sesuai dengan selera audiens. Hal utama yang harus dilakukan yaitu wajib paham terlebih dahulu tentang produk yang dijual dan dari produk tersebut cocoknya untuk segmentasi konsumen yang mana. Baik segmentasi dari segi usia, profesi, jenis kelamin, latar belakang pendidikan, profesi, dan lain-lain. Pada tahap ini bisa dibilang mencari dan menentukan seperti apa konsumen yang ideal bagi bisnis. Dalam mencari konsumen dapat dilakukan dengan riset menyebarkan kuesioner melalui bantuan google form untuk disebarluaskan kepada konsumen-konsumen yang pernah berinteraksi dan bekerjasama dengan bisnismu. Hasil dari kuesioner nanti dapat di lihat bagaimana selera konsumen terhadap pertanyaan yang diberikan.
2. Up To Date Terhadap Tren
Selera konsumen pasti berubah-ubah sesuai dengan tren saat ini. Oleh karena itu, perlu melakukan riset berulang ulang dan tidak hanya berhenti cuma sekali. Pelaku bisnis wajib selalu peka terhadap situasi sekitar dan jangan pernah merasa puas dengan apa sudah dicapai saat ini, karena jika tidak up to date terhadap tren bisnis yang dijalankan akan tergilas dengan perubahan dan dianggap sudah ketinggalan zaman.
3. Menganalisis Para Pesaing
Faktor yang menentukan sukses tidaknya content pillar yaitu keunikan pembahasan topiknya dibandingkan dengan konten-konten lain. Melakukan analisis pada kompetitor sangat perlu untuk mencari dan mengidentifikasi apa saja kelebihan dan kekurangan mereka dalam membawakan konten. Kelebihan pada kompetitor dapat kamu terapkan, sedangkan kekurangannya dapat menjadi referensi dan memberikan nilai tambah pada kontenmu sendiri.
4. Evaluasi Performa Secara Berkala
Content pillar yang diposting tidak semua akan mendapatkan respon sebagaimana yang diharapkan. Bisa jadi audiens yang kamu inginkan tidak mencapai target dan tidak sesuai karakteristik segmentasi yang telah dilakukan pada riset. Oleh karena itu, perlu untuk melakukan evaluasi terhadap performa konten secara menyeluruh.
5. Mendistribusikan dan Mempromosikan Content Pillar
Kualitas isi konten yang bagus harus di imbangi dengan publikasi yang bagus. Maka dari itu, perlu segera mempromosikan konten-kontenmu ke dalam beberapa platform media sosial, email broadcast, bekerja sama dengan influencer dan lain-lain. Hal ini memang perlu dilakukan dan membutuhkan effort yang tinggi agar konten-konten yang sudah dibuat dengan susah payah diketahui dan bermanfaat bagi audiens.
Itu tadi merupakan penjelasan tentang content pillar. Jadi, content pillar yang disusun dengan baik dan sesuai dengan selera audiens akan mampu menarik mereka untuk mencari tahu lebih lanjut informasi tersebut. Apalagi dengan strukturnya yang sudah kamu persiapkan dengan rapi sehingga audiens benar-benar tertarik untuk mempelajari konten tersebut secara mendalam. Bagaimana, sudah jelaskan terkait content pillar? Jika ada hal yang ingin ditanyakan terkait perkontenan, pembuatan aplikasi mobile ataupun website kami dari CAN Creative selalu siap membantumu. Yuk, segera konsultasikan bisnismu melalui website can.co.id