Hallo sahabat CAN Creative, di era digital seperti saat ini perkembangan bisnis melalui aplikasi mobile sangat berkembang pesat bukan? Terbukti dengan banyak munculnya startup baru di Indonesia. Nah, apakah Anda termasuk salah satu pebisnis dengan aplikasi mobile yang digunakan untuk mendukung proses bisnis? Jika iya, apalagi Anda terhitung baru meluncurkan sebuah aplikasi di pasaran, maka Anda harus memahami bagaimana strategi utama pemasaran aplikasi. Hal ini sangat penting dilakukan karena pemasaran yang sukses akan menghasilkan pelanggan yang loyal. CAN Creative sebagai IT Consultant sudah merangkum beberapa strategi pemasaran yang bisa Anda gunakan. Yuk simak ulasan kami dari awal hingga akhir ya.

1. Landing Page dan Website Aplikasi Anda

Landing page adalah strategi pemasaran yang penting dimana pengguna dapat memperoleh informasi lebih lanjut tentang aplikasi Anda di ponsel ataupun di dekstop. Landing page yang efektif untuk mempromosikan aplikasi Anda sebaiknya mencantumkan tautan aplikasi yang akan diarahkan ke Apps Store dan Playstore dengan call to action yang jelas. Website landing page juga penting untuk menampilkan informasi aplikasi Anda secara lengkap. Apalagi jika website tersebut sudah dioptimasi SEO. Tentunya hal ini akan semakin populer di masyarakat luas.

2. Pemasaran Melalui Media Sosial

Perkembangan media sosial yang kian hari kian pesat tentu dapat menjadi peluang untuk mempromosikan bisnis kita. Mengapa demikian? Karena platform yang satu ini dapat meningkatkan kesadaran konsumen mengapa harus menggunakan produk Anda. Media sosial adalah cara yang baik untuk membangun komunitas dan mendapatkan umpan balik dari pengguna yang mungkin kurang tertarik menghubungi Anda melalui aplikasi ataupun situs web. Konten yang bervariasi seperti thread diskusi, lomba dan masih banyak lagi dapat menggugah hati masyarakat untuk tertarik dengan aplikasi Anda.

3. App Store Optimization

App Store Optimization (ASO) adalah proses untuk meningkatkan visibilitas aplikasi Anda di App Store dan Google Play Store. Hal ini dilakukan agar potensi instalasi aplikasi menjadi meningkat. Optimasi ASO dilakukan dengan cara memanfaatkan kata kunci ASO agar aplikasi Anda dapat meraih peringkat yang tinggi di app store. Screenshot aplikasi Anda dan juga video penggunaan aplikasi perlu untuk ditampilkan dan dikemas semenarik mungkin. Hal ini dilakukan agar mudah ditemukan oleh mesin pencari. Jika aplikasi Anda berada di nomor 1 pencarian maka pelanggan Anda akan semakin banyak.

4. Mendapatkan Banyak Ulasan

Gunakan ulasan atau review untuk meningkatkan nilai dan mendorong banyak orang untuk mengunduh aplikasi Anda. Gunakan sudut pandang pengguna aplikasi yang hendak mengunduh sebuah aplikasi baru, pastinya Anda akan unduh aplikasi dengan ulasan yang baik dan mendapat 3 atau 4 bintang. Semakin banyak ulasan positif yang Anda dapatkan, pengguna tidak akan ragu lagi untuk me-tap “Install” di perangkat mereka. Sedangkan apabila aplikasi Anda hanya mendapatkan rating 1 bintang, pengguna akan membutuhkan waktu yang lama untuk mempertimbangkan atau bahkan ragu untuk mengunduh aplikasi Anda. Tentu saja sangat kontras terlihat dengan aplikasi yang mendapatkan rating 5 bintang, akan semakin mempengaruhi keputusan pengguna untuk mengunduhnya.

5. Bekerjasama Dengan Influencer

Anda dapat menggunakan Influencer dengan berbagai cara untuk mencapai target pemasaran. Anda dapat memberikan hadiah gratis (freebies) bagi para Influencer untuk dibagikan dengan audience mereka atau Anda dapat membayar untuk penempatan produk. Manfaat melakukan pengiklanan dengan Influencer ini adalah Anda dapat mengontol materi iklan, efektif biaya dan keefektifan dalam menjangkau audience sehingga dapat menambah massa pendowload aplikasi Anda.

Memiliki aplikasi mobile adalah sebuah aset bagi kelangsungan bisnis Anda apalagi di era digital seperti saat ini, masyarakat suka dengan kemudahan yang diberikan melalui aplikasi mobile mulai dari belanja online, meeting online dan sebagainya. Sudahkah Anda memiliki aplikasi mobile untuk kemajuan bisnis di era digital? Jika belum, anda bisa menghubungi CAN Creative ya. Kami dapat mengakomodasi kebutuhan tersebut. Atau apabila Anda ingin tools bisnis lainnya seperti website, jasa SEO, jasa digital marketing, ads dan sebagainya, CAN Creative juga bisa mengakomodir kebutuhan tersebut. Untuk info lebih lengkap dan ter-update, Anda bisa mengunjungi website kami di can.co.id , instagram @cancreative. CAN Creative Make Things Easier.