Halooo sahabat CAN Creative! Ternyata customer journay itu sangat penting lohh dalam bisnis. Bagi bisnis customer merupakan segalanya, karena tanpa customer bisnis tidak ada artinya. Oleh karena itu, kami CAN Creative sebagai Consultant IT akan memberikan penjelasan terkait pentingnya customer journey bagi bisnis, yukkk simak penjelasan berikut ini ya!!
Apa itu Customer Journey?
Customer journey merupakan alur perjalanan customer saat berinteraksi dengan merek bisnis perusahaan Anda. Perjalanan customer ini dimulai dengan mengenali brand, melihat produk, melakukan pembelian, dan akhirnya akan melakukan hal apa saja setelah membeli produk bisnis Anda. Dengan memahami customer journey, perusahaan dapat mengambil tindakan yang tepat dalam memenuhi kebutuhan dan keinginan customer sehingga dapat meningkatkan penjualan dan loyalitas customer.
Cara Membangun Customer Journey Pada Bisnis
Membangun customer journey yang baik merupakan langkah penting dalam merancang dan membangun pengalaman customer yang positif. Berikut ini terdapat 6 (enam) cara dalam membangun customer journey yang baik:
1. Pahami Customer Anda
Langkah pertama yang perlu dilakukan yaitu dengan mencoba memulai dan memahami siapa customer Anda, apa saja kebutuhan mereka, dan preferensi mereka. Langkah ini melibatkan riset menyeluruh tentang segmentasi customer Anda, termasuk demografi, perilaku, dan masalah yang ingin mereka pecahkan.
2. Bangun Komunikasi Dengan Customer
Langkah selanjutnya yaitu membangun komunikasi dengan customer. Sebagai pelaku bisnis perlu menemukan informasi yang terjadi antara customer dan bisnis Anda. Hal ini bisa termasuk kunjungan ke situs web, interaksi di media sosial, panggilan telepon ataupun kunjungan langsung ke kantor fisik.
3. Tentukan Perjalanan Customer
Merancang alur perjalanan customer dari awal hingga akhir merupakan hal yang perlu dilakukan. Hal ini bisa dilakukan dengan memulai dari tahap kesadaran, pertimbangan, pembelian, penggunaan, hingga setelah penjualan. Pahami apa yang customer lakukan pada tahap ini.
4. Personalisasi Pengalaman
Mencoba menjadikan pengalaman customer menjadi lebih personal dengan memanfaatkan informasi yang Anda miliki tentang customer, ciptakan pengalaman yang personal dan relevan. Hal ini bisa termasuk konten yang disesuaikan, rekomendasi produk, atau pesan yang mempertimbangkan preferensi individu.
5. Pertimbangkan Multichannel
Customer dapat berinteraksi dengan bisnis Anda melalui berbagai saluran komunikasi. Selalu pastikan perjalanan customer Anda mencakup berbagai saluran seperti situs web, media sosial, email, panggilan telepon dan lain-lan.
6. Pantau dan Tingkatkan
Tahap terakhir yaitu melakukan pemantauan terhadap interaksi customer, kumpulkan feedback, dan lakukan analisis data untuk mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan. Lakukan perubahan berdasarkan temuan ini secara berkala.
Jadi, sudah pada paham kan sobb terkait customer journey? sangat penting menerapkan customer journey Iini pada bisnis. Namun, perlu menjadi catatan bahwa customer journey memiliki sifat dinamis dan bisa saja mengalami perubahan seiring waktu. Oleh karena itu, diperlukan kemampuan fleksibelitas dan adaptasi untuk membangun customer journey yang baik. Ada banyak kiat sukses bisnis online yang bisa Anda terapkan agar bersaing dengan kompetitor lhoo. Apa saja itu? Anda bisa membuat aplikasi mobile ataupun website di CAN Creative. Yukk tunggu apalagiii buruan konsultasikan bisnismu melalui website can.co.id.
Recent Comments