Situs website adalah sebuah tempat yang dapat diibaratkan sebagai rumah. Sama halnya dengan rumah yang selalu memberikan kenyamanan kepada penghuninya. Website tentunya juga harus memiliki struktur website yang baik agar nyaman saat dikunjungi oleh para pengunjung. Mengapa struktur dan desain dari sebuah website terbilang sangat penting? Tentunya karena hal ini dapat berpengaruh terhadap search engine. Sebagai pemilik blog website, tentunya Anda ingin agar laman tersebut dapat diindeks dan muncul pada mesin pencari. Google sendiri menyatakan bahwa desain sebuah web merupakan salah satu faktor yang menentukan ranking. Desain web haruslah mudah diakses dan mudah digunakan, dengan kata lain user-friendly. Sebelum hal tersebut bisa terwujud, Anda harus membenahi struktur website atau blog itu terlebih dahulu. Dengan begitu, sebuah website bisa lebih nyaman dan enak untuk dikunjungi. Berikut ini ada penjelasan dari CAN Creative tentang bagaimana kriteria desain website yang SEO Friendly dan apa saja faktor yang mempengaruhinya. Simak penjelasan berikut ini ya .

1. User Experience

User Experience (UX) adalah bagaimana pembaca atau pengguna (user) berinteraksi dengan web kita. Misalnya, berapa lama pembaca berada di web Anda, halaman apa saja yang dikunjungi, tautan mana yang diklik, dan lain-lain. Selain konten yang menarik, situs yang mudah digunakan juga akan membuat pembaca betah berlama-lama di situs web kita. UX merupakan salah satu faktor algoritma Google karena Google menganggap ketika seseorang mengakses sebuah situs web dalam waktu lama, maka orang tersebut mendapatkan user experience yang baik dan mendapatkan informasi yang diinginkan. Sebaliknya, jika Google mendapati pengguna yang meninggalkan sebuah situs dalam waktu cepat (bounce rate tinggi), maka mereka akan berasumsi bahwa pengguna tidak mendapatkan user experience yang baik dan tidak mendapatkan informasi yang diinginkan. Oleh karena itu, agar website kita SEO Friendly, maka user experience merupakan salah satu kriteria yang wajib dipenuhi.

2. Layout website yang user friendly

Website SEO-friendly haruslah memiliki layout yang user-friendly. Sama seperti prinsip desain pada umumnya, layout atau tata letak sebuah situs web juga harus memerhatikan prinsip-prinsip dasar seperti:
• Sequence: Urutan perhatian atau aliran informasi.
• Emphasis: Penekanan pada bagian-bagian tertentu atau menonjolkan hal yang paling penting dari layout.
• Balance: Teknik pengaturan bidang layout (simetris dan asimetris).
• Unity: Kesatuan seluruh elemen layout
Pada dasarnya, layout situs web tergantung kepada kebutuhan situs web itu sendiri. Namun, ada beberapa elemen dasar yang sebaiknya dipenuhi untuk membuat website SEO friendly:
• Navigasi – Navigasi berupa link yang memudahkan pembaca untuk menjelajahi situs web Anda. Anda boleh menggunakan satu navigasi di bagian atas atau menggunakan keduanya. Jika menggunakan dua navigasi, letakkan topik yang lebih umum di bagian atas dan topik yang lebih detail di bagian kiri laman. Cara lainnya adalah dengan membuat navigasi drop down menu.
• Daftar isi – Daftar isi yang diletakkan di awal setiap laman utama akan memudahkan pembaca menemukan apa yang mereka cari.
• Sitemaps – Berisi informasi navigasi secara keseluruhan.
• Lats updated – Berisi informasi kapan terakhir kalinya situs web Anda di-update.
• Sidebar – Anda bisa meletakkan informasi penting atau link di sidebar. Misalnya, widget/gadget subscriber atau promo yang sedang berlangsung.
• Breadcrumbs – Memberikan informasi kepada pembaca di mana mereka sedang berada.
• Tombol search – Tidak semua pembaca tahu persis apa yang sedang mereka cari di situs web Anda, itu sebabnya mengapa tombol “search” diperlukan. Dengan tombol ini pengguna bisa mencari konten atau nama produk berdasarkan keyword.

3. Tags

Membagi konten ke dalam beberapa bagian bukan hanya memudahkan pengguna untuk mencerna informasi, jika digunakan dengan benar, pembagian konten dan penggunaan tag juga bisa mendongkrak SEO. Berikut ini ada beberapa hal yang berkaitan dengan tags yang harus Anda perhatikan :
• Title tag
Title tag akan terlihat di beberapa tempat, di antaranya di URL dan hasil pencarian. Itu sebabnya mengapa menggunakan kata kunci atau frasa kata kunci di tittle tag berpengaruh terhadap SEO.
• Heading tag
Headings, subheadings, atau heading 1, 2, 3, dst.
• Alt images tags
Mesin pencari tidak bisa membaca gambar. Sehingga Alt+tags berfungsi untuk mengkomunikasikan gambar yang kita pasang pada mesin pencari agar dapat dibaca.

4. Keywords

Ini bukan tentang seberapa banyak kata kunci yang Anda gunakan, tapi kata apa dan di mana Anda meletakkannya. Selain di judul, tempat paling strategis untuk meletakkan kata kunci adalah di dalam konten. Di bagian mana?
• Paragraf pertama.
• Subjudul.
• Paragraf terakhir.
Hindari menggunakan kata kunci secara berulang-ulang di dalam satu paragraf karena akan dianggap keyword stuffing.

5. Konten yang Komprehensif

Inilah rahasia kecil tentang konten SEO: Jika Anda ingin konten yang di-upload mendapat peringkat di Google, maka konten tersebut harus memiliki nilai lebih. Dengan kata lain: “konten yang berkualitas” saja tidaklah cukup. Konten Anda harus menjadi hasil terbaik untuk penelusuran tertentu. Faktanya, konten luar biasa adalah kunci sukses SEO. Cara melakukannya adalah dengan membuat konten yang komprehensif. Dengan kata lain: publikasikan konten yang memberikan semua yang mereka butuhkan untuk mencari kata kunci.

Konten yang lebih panjang dapat membantu memberikan lebih banyak informasi kepada Google tentang topik seputar halaman web tersebut. Hal ini membuat mereka lebih yakin bahwa halaman Anda adalah hasil yang relevan untuk kata kunci tersebut. Isi konten yang panjang juga cenderung menarik lebih banyak tautan dan sharing di media sosial daripada konten yang pendek. Anda dapat menuliskan artikel di website Anda untuk menarik pengunjung. Menulis konten yang komprehensif bisa menjadi keunggulan kompetitif bagi Anda. Pesaing Anda mungkin terlalu malas untuk menulis artikel yang mendalam.

Demikian pembahasan tentang kriteria apa saja yang harus dimiliki website SEO-friendly. Jika Anda ingin membaca lebih banyak tentang artikel seputar teknologi Anda dapat mengunjungi website kami di can.co.id. Kami juga aktif di sosil media, Anda dapat follow kami di instagram @cancreative serta facebook CAN Creative. Kami dapat menjadi partner bisnis Anda di era digital ini dengan melayani jasa pembuatan website, jasa pembuatan aplikasi, jasa pembuatan logo, optimasi SEO dan sebagainya. Apabila Anda memiliki pertanyaan, jangan sungkan meninggalkannya di kolom komentar ya. Dengan CAN Creative, make things easier.