Hallo sahabat CAN Creative, adakah diantara kalian yang tertarik untuk belajar bagaimana memulai bisnis startup? Di Indonesia, banyak jenis startup yang telah mencapai kesuksesannya seperti Gojek, Bukalapak, Traveloka, OVO, Tokopedia dan masih banyak lagi. Nah, bagi anda yang ingin memulai bisnis startup aplikasi mobile yang notabennya berbasis teknologi, tentu tidak bisa sembarangan. Setiap entitas harus benar-benar dapat menguasai bidang keahliannya masing-masing. Oleh karena itu, untuk membangun sebuah starup berbasis aplikasi mobile setidaknya ada 5 komposisi peran dalam sebuah tim agar dapat membuat startup aplikasi mobile. Ke 5 komposisi peran tersebut diantaranya adalah :

1. System Analyst

Jasa-pembuatan-aplikasi-mobile
Jasa-Pembuatan-Aplikasi-Mobile

System analist atau system analis ini memiliki tugas untuk menganalisis keseluruhan sistem dan gambaran bisnis proses. Bisnis proses yang diinginkan oleh klien harus dapat dipahami, mendapatkan garis besar serta detailnya seperti waktu pengerjaan, estimasi biaya dan sebagainya. Seorang sistem analis juga harus mampu membantu programmer menganalisis tugasnya, agar programmer tidak melakukan analisanya sendiri. Diharapkan dengan adanya sistem analis ini mampu menganalis proyek yang akan dikerjakan, termasuk juga kebutuhan networking, infrastruktur, dan lain sebagainya.

2. UI/UX Designer

Jasa-Pembuatan-Aplikasi_Mobile

UX designer harapannya dapat membuat tampilan aplikasi sebaik-baiknya dan nyaman ketika digunakan oleh pengguna. UX designer juga berperan dalam menentukan bagaimana cara aplikasi mobile agar mampu berinteraksi dengan user secara mudah. Sementara UI designer mewujudkan sebuah gambaran kasar berupa layout yang nantinya akan dikerjakan frontend designer. Jadi kesimpulannya, UI UX designer ini dibutuhkan agar mampu membuat suatu tampilan aplikasi yang bagus dan tentunya mudah digunakan.

3. System Enginer

Jasa-Pembuatan-Aplikasi-Mobile
Jasa-Pembuatan-Aplikasi-Mobile

System enginer harus mampu memahami computer network, serta mampu menguasai konfigurasi yang mumpuni untuk menyediakan infrastruktur untuk aplikasi mobile dan sistem yang diperlukan. Selain itu juga harus siap menghadapi persoalan seperti di infrastruktur apabila mengalami kendala.

4. Quality Assurance

Jasa-Pembuatan-Aplikasi-Mobile
Jasa-Pembuatan-Aplikasi-Mobile

Setiap aplikasi atau system yang dibuat, pastinya harus berhasil uji lolos sesuai standart terlebih dahulu. Pasalnya, kita tidak mungkin memberikan aplikasi atau system yang penuh dengan bug kepada klien. Oleh karena itu, peran dari quality assurance ini sangat diperlukan untuk menguji kelayakan aplikasi mobile.

5. Mobile Apps Developer

Jasa-Pembuatan-Aplikasi-Mobile
Jasa-Pembuatan-Aplikasi-Mobile

Mobile apps developer sesuai namanya, yakni peran ini bertugas untuk mengerjakan perangkat aplikasi berbasis mobile, bisa jadi ios maupun android. Orang yang memiliki peran sebagai mobile apps developer harus berkomunikasi dengan baik dengan analis serta web developer. Mobile apps developer harus bersinergi dengan baik dengan UI/UX designer, quality assurance dan sebagainya. Hal ini dimaksudkan untuk memastikan tidak ada cacat (bug) sewaktu aplikasi bersangkutan berhasil dikembangkan.

Demikian tadi rangkuman mengenai komposisi peran yang dibutuhkan untuk membangun startup aplikasi mobile. Kesimpulannya, unsur yang terpenting dalam membangun startup adalah memiliki aplikasi mobile. Apabila anda ingin berkonsultasi seputar aplikasi yang akan dikembangkan untuk sebuah bisnis, anda bisa berkonsultasi dengan IT Consultant CAN Creative. Kami menyediakan jasa pembuatan aplikasi mobile android maupun iOs sesuai dengan kebutuhan Anda. CAN Creative dapat membantu untuk menyempurnakan dan mengeksekusi konsep yang kalian miliki. Hubungi kami melalui website can.co.id atau instagram @cancreative. Di website dan instagram kami, anda juga dapat mengetahui informasi menarik seputar teknologi.