Halo sobat CAN Creative. Semenjak era digital ini, desain grafis menjadi salah bidang yang diminati banyak orang. Tidak hanya untuk seniman saja yang harus mengerti tentang desain, namun semua orang bisa mempelajari desain grafis tanpa adanya persyaratan. Skill design grafis dibutuhkan banyak perusahaan mengingat saat ini pemasaran lebih sering melalui digital. Jika seseorang memiliki keinginan belajar mengenai desain grafis maka hal yang pertama harus dilakukan adalah menentukan software desain grafis apa yang ingin digunakan untuk membantu kita dalam mengolah dokumen foto ataupun gambar.

Software editing sendiri menawarkan beberapa pilihan mulai dari yang berbayar hingga ada yang gratis. Maka dari itu, kita bisa mempertimbangkan software mana nih yang paling sesuai dengan kebutuhan kita. Nah langsung aja, mimin akan menyebutkan 5 Software desain grafis yang biasanya digunakan banyak orang termasuk kalangan para professional. Jangan lupa di catat yaa sobat!

1. Adobe Photoshop

CAN Creative : Jasa-Pembuatan-Aplikasi-Mobile-Website

Software Adobe Photoshop masuk menjadi peringkat pertama yang cukup banyak  dikenal kalangan luas termasuk para professional desainer lho. Software yang memiliki bentuk ikon persegi dengan dominan warna biru menjadi aplikasi yang paling mudah digunakan oleh semua orang termasuk para pemula. Tapi jangan salah dulu, Adobe Photoshop memiliki banyak tools yang memudahkan kita dalam melakukan pengolahan foto, seperti crop tool, healing brush, shape tool, pen, dan lain sebagainya.

Awalnya, Software Photoshop ini hanya digunakan untuk mengolah atau mengedit foto dan gambar. Photoshop digunakan dalam pembuatan gambar yang berbasis pixel. Namun karena toolsnya yang memudahkan pengguna dan bisa mengedit lebih berbeda dengan efek yang diinginkan, maka banyak orang yang menjadikan photoshop untuk keperluan grafis seperti membuat logo, banner, maupun yang lainnya. Untuk pembelajarannyapun sudah tidak sulit karena banyak video pembelajaran di platform YouTube.

2. Corel Draw

CAN Creative : Jasa-Pembuatan-Aplikasi-Mobile-Website

Software kedua yang mimin rekomendasikan adalah software Corel Draw. Software ini hampir sama populernya jika disandingkan dengan Photoshop sehingga memiliki kumpulan penggemarnya sendiri. Walaupun sama-sama sebagai software editing seperti Photoshop, Corel Draw juga memiliki perbedaan yang mencolok yaitu, Corel Draw digunakan untuk mengedit berbasis vector bukan pixel seperti photoshop. Corel draw lebih unggul kemudahannya dalam membuat karya visual vector diantaranya logo, poster, banner, bahkan undangan pernikahan sekaligus. Keunngulan dari penggunaan software Corel Draw seperti selection, dan pemberian efek. Memiliki skill penggunaan Corel Draw menjadi nilai plus untuk dilirik suatu perusahaan. Bahkan, saat ini cara pengoperasiaannya sudah menjadi bahan ajar di beberapa sekolah.

3. Adobe Ilustrator

CAN Creative : Jasa-Pembuatan-Aplikasi-Mobile-Website

Hampir mirip dengan software Corel Draw dan Photoshop, software Adobe Ilustrator menjadi perpaduan 2 software sebelumnya yaitu Adobe Photoshop dan Corel Draw. Software ini mampu mengolah foto atau gambar berbasis vector seperti Corel Draw namun juga memiliki tools lengkap dan sistem layer seperti Photoshop. Variasi warna di software ini lebih lengkap sehingga kita bisa bermain gradasi warna untuk menghasilkan gambar yang menarik. Selain itu output yang dihasilkan memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan software Adobe Photoshop dan Corel Draw. Untuk menggunakan software ini diperlukan waktu lebih banyak mengingat fiturnya kurang user friendly, yang menggunakan layout dengan banyak tools membuat pengguna akan kebingungan di awal pembelajaran.

4. Adobe InDesign

CAN Creative : Jasa-Pembuatan-Aplikasi-Mobile-Website

Adobe InDesign merupakan salah satu software dari perusahaan Adobe lagi yang cukup menarik. Software ini biasanya digunakan untuk mendesain layout majalah, tabloid, maupun koran. Kelebihan software Adobe InDesign ini terletak pada kemudahannya dalam melayout media cetak. Selain itu, software ini juga menawarkan fitur untuk membuat gambar menjadi blur dan membuat objek transparan. Kita juga bisa menyimpan maupun melakukan import data dengan berbagai format sehingga akan compatible dengan komputer lain.

5. Inkscape

CAN Creative : Jasa-Pembuatan-Aplikasi-Mobile-Website

Jika software-software sebelumnya merupakan software berbayar. Mimin akan memberikan opsi software editor yang gratis, opensource, dan juga memiliki tools yang cukup lengkap. Software tersebut bernama Inkscape. Software editor ini berbasis vector dan bisa digunakan untuk sistem operasi linux. Untuk jumlah tools memang tidak sebanyak software lainnya, namun jika kalian pengguna tingkat biasa bukan professional maka software ini memang dirasa cukup akan fitur-fitur yang dimilikinya. Inkscape juga memiliki beberapa kelebihan diantaranya ringan untuk dioperasikan sehingga tidak perlu spesifikasi komputer yang tinggi. Selain itu ukuran file installer juga relative kecil dibandingkan dengan software sebelumnya seperti Corel Draw dan Adobe Ilustrator. Jika ingin belajar software editor ini kita diperlukan effort yang lebih banyak mengingat software ini belum banyak digunakan dan belum banyak video tutorial di kanal YouTube.

Dari kelima software tersebut mana nih yang kalian minati untuk kalian gunakan dalam desain grafis? Setiap software pasti memiliki kelemahan dan keunggulan masing-masing, jadi sesuaikan dengan kebutuhan kalian masing-masing ya. Jika kalian merasa belum bisa mendesain tak perlu khawatir karena disini ada CAN Creative yang siap membantu. CAN Creative menerima jasa editing logo, desain aplikasi, dan masih banyak lagi. Anda bisa berkonsultasi dengan kami tanpa dipungut biaya apapun mulai dari pembuatan aplikasi Android, IOS hingga website kami dapat mewujudkan konsep aplikasi impian Anda. Untuk mendapatkan penawaran dan info menarik lainnya jangan lupa ikuti sosial media kami di Instagram @cancreative Facebook CAN Creative dan website can.co.id. CAN Creative Make Things Easier.