Ketika mendaftarkan nama domain baru, Anda mungkin melihat dari segi harganya. Ada beberapa ekstensi nama domain yang murah, namun ada juga yang dapat ‘menguras kantong’ Anda. Karena semua nama domain bekerja dengan cara yang sama, mengapa Anda harus membayar lebih untuk beberapa domain? Di bawah ini, bersama tips dari CAN Creative kita akan mempelajari alasan mengapa beberapa domain memiliki biaya lebih dari yang lainnya. Nah kira kira faktor apa saja yang menentukan harga sebuah domain? Berikut ini adalah faktor yang memberikan pengaruh pada harga domain:

1. Ketersediaan

Faktor pertama tentu saja ketersediaan atau availability. Tentunya jika nama domain yang diinginkan tersedia, harganya akan lebih murah daripada domain yang telah dimiliki oleh seseorang. Menginginkan sesuatu yang hanya dijual oleh satu orang dapat menempatkan pembeli domain pada posisi yang kurang menguntungkan saat menegosiasikan harga. Terlebih jika ada orang yang sengaja membeli domain untuk dijual kembali di kemudian hari. Inilah yang membuat domain-domain tertentu berharga sangat mahal. Maka dari itu, pilihlah domain unik yang memang masih tersedia.

2. Kata Kunci

Kata kunci yang mempengaruhi volume pencarian juga mempengaruhi harga domain yang menggunakan kata kunci tertentu. Misalnya kata kunci “Jogja” memiliki volume pencarian yang besar. Hal ini karena posisi Yogyakarta sebagai salah satu destinasi wisata terkemuka di Indonesia. Selain itu, kata kunci ini sangat mudah dimotesisasi karena wisatawan membutuhkan tempat tinggal, persewaan kendaraan, hingga destinasi wisata untuk dikunjungi.

3. Ekstensi Domain

Pemilihan ekstensi domain juga menentukan mahal atau murahnya harga domain. Terlebih untuk ekstensi domain yang identik dengan suatu bisnis tertentu. Inilah yang membuat ekstensi domain tertentu, seperti .id, co.id, dan dan lain sebagainya memiliki harga yang mahal.

4. Domain Premium

Di dalam dunia domain, ada satu istilah yang menggambarkan domain yang sudah diambil orang. Ini disebut dengan domain premium. Domain premium adalah domain yang sudah dimiliki oleh orang lain atau registry. Harga yang mahal ini akan berlaku untuk akuisisi awal domain. Sebuah domain menjadi premium ketika seseorang percaya bahwa nama domain tertentu lebih berharga daripada domain yang biasanya. Domain dianggap premium karena sejumlah besar alasan termasuk panjang, kata kunci, dan brand awareness.

5. Reputasi Domain Yang Baik

Reputasi domain yang baik artinya traffic website Anda bagus. Hal ini bisa dilakukan dengan menambahkan tautan yang mendukung, sehingga lalu lintas website menjadi sehat. Riwayat positif ini berarti nama domain premium memiliki peringkat di halaman pencari dan membawa lalu lintas organik pengunjung website yang ramai. Jika domain yang seperti ini dijual, harganya bisa sangat mahal karena akan mengurangi effort kita untuk optimasi. Umur domain menjadi lebih tua dan hal tersebut bisa menentukan besarnya harga domain.

Yang menjadi pertanyaan selanjutnya adalah apakah menguntungkan jika kita membeli ekstensi domain yang mahal ? Satu hal yang perlu diingat adalah nama domain merupakan merek dari bisnis Anda. Ini adalah identitas Anda di web yang menghadirkan pelanggan untuk bisnis Anda. Selain itu, ekstensi domain menjadi sangat penting untuk kehadiran Anda di dunia online, untuk itu bukan saatnya untuk memikirkan tentang berhemat. Biasanya, ekstensi domain yang mahal juga memberikan kualitas yang berbanding lurus. Jadi, meskipun harganya lebih mahal dari yang lain, bisa saja ekstensi tersebut juga memberikan yang terbaik untuk situs website.

Anda hanya perlu memilih ekstensi domain yang tepat untuk kebutuhan bisnis Anda. Yang terpenting adalah jika Anda ingin membuat website yang professional bagi bisnis Anda ya ke CAN Creative tentunya. Untuk memilih nama domain nanti akan kami bantu hingga selesai. Anda bisa bebas berkonsultasi dengan kami. Untuk portofolio website yang pernah dibuat bisa mengunjungi website kami di can.co.id ya. Atau bisa menghubungi kami melalui instagram @cancreative, facebook CAN Creative.