Halooo Sahabat CAN Creative! Ulasan atau testimoni positif merupakan kekuatan untuk menarik lebih banyak customer. Selain itu, tujuan bisnis juga harus bisa memberikan kepuasan yang positif untuk membangun loyalitas customer. Lalu, untuk memahami lebih detail terkait persoalan ini, CAN Creative selaku Consultant IT akan memberikan penjelasan pada artikel berikut ini. Yukk langsung saja simak artikel berikut dan semoga bermanfaat.
Apa itu Customer Review?
Customer review merupakan ulasan atau pendapat customer baik berisi ulasan positif atau negatif yang ditinggalkan tentang produk atau layanan yang dibeli. Ulasan tersebut berguna untuk mengevaluasi dan meningkatkan performa bisnis serta mempertahankan kepercayaan. Oleh karena itu, sebagai pelaku bisnis perlu membuka kesempatan bagi customer untuk meninggalkan ulasan terkait produk atau jasa yang ditawarkan.
Cara Mendapatkan Customer Review yang Positif
Sebelum mendapatkan customer review untuk produk atau jasa yang ditawarkan, pelaku bisnis perlu mengetahui terlebih dahulu cara mendapatkan customer review yang positif sebagai berikut:
1. Berpartisipasi dalam Interaksi Media Sosial
Perusahaan yang mempertahankan kehadiran media sosial yang positif dapat mengumpulkan lebih banyak ulasan dan testimonial customer. Itulah sebabnya, sangat penting bagi bisnis untuk menginvestasikan waktu dalam aktivitas media sosial. Aktivitas tersebut dapat berupa menindaklanjuti semua komentar yang diposting di media sosial dengan cepat. Hal ini akan menunjukkan kepada customer bahwa Anda lebih dari sekedar bersedia untuk berkomunikasi dan berinteraksi dengan mereka.
2. Kirim Feedback yang Dipersonalisasi
Pada umumnya, email terima kasih kepada customer merupakan taktik yang bagus untuk meningkatkan testimoni bisnis yang positif. Akan tetapi, daripada hanya mengandalkan email otomatis untuk mendapatkan umpan balik dari customer, pertimbangkan juga untuk menelepon dan memastikan bahwa menikmati kunjungan mereka, kemudian mintalah umpan balik secara langsung. Hal ini akan membuka jalur komunikasi yang pada akhirnya akan mendapatkan review positif.
3. Bagikan Ulasan di Media Sosial
Media sosial sangat membantu membuka pintu untuk dikenal dan menghasilkan banyak keuntungan untuk bisnis. Manfaatkan platform media sosial dengan mempromosikan review yang bagus tentang bisnis Anda dan menandai customer yang menulisnya. Hal ini akan memberikan sorotan kepada customer yang membuat mereka merasa senang dengan ulasannya, dan dapat mendorong customer lain untuk mengikutinya. Customer yang melihat bagaimana customer lain diperlakukan dapat membantu menghasilkan lebih banyak ulasan atau review.
4. Adakan Kontes
Dorong customer untuk mengirimkan review atau ulasan sebagai entri form mereka untuk memenangkan kartu hadiah atau diskon khusus pada salah satu produk Anda atau paket eksklusif yang Anda tawarkan. Dengan demikian customer akan berpartisipasi pada kontes tersebut sehingga akan mendorong lebih banyak peringkat dan ulasan tentang produk bisinis Anda.
5. Tanggapi Ulasan Negatif Secara Profesional
Tidak semua customer akan memberikan ulasan yang positif, namun mempelajari cara menangani ulasan negatif dapat membukan pintu ulasan yang lebih positif karena customer akan melihat bahwa Anda berusaha keras untuk memperbaiki situasi yang sulit. Apapun postingan yang ditujukan kepada customer atau publik menunjukkan bahwa Anda memperhatikan customer sehingga akan meningkatkan citra online Anda, dan dapat menarik lebih banyak review positif dan peringkat yang tinggi.
6. Berikan Layanan Customer yang Lebih Baik
Kesan pertama dan terakhir akan meninggalkan efek yang bertahan lama pada customer Anda. Anda dapat memberikan tanda terimakasih kepada customer dalam bentuk kartu ucapan terimakasih atau cinderamata lainnya untuk meninggalkan kesan yang mendalam sehingga customer merasa lebih diterima dan terhubung dengan perusahaan Anda dan dapat memberikan ulasan yang positif.
Bagaimana sob, ingin bisnis Anda semakin tumbuh dan berkembang? Cara paling ampuh adalah dengan mendapatkan customer yang lebih banyak atau dengan melakukan customer review. Customer review sangatlah penting jika dimanfaatkan dengan baik dan dapat menjadi aset bisnis yang sangat berharga. Bagaimana, sudah jelaskan terkait customer review? Jika ada hal yang ingin ditanyakan terkait customer review, pembuatan aplikasi mobile ataupun website kami dari CAN Creative selalu siap membantumu. Yuk, segera konsultasikan bisnismu melalui website can.co.id