Sebelum membuat dan memulai bisnis, hal pertama yang harus Anda persiapkan adalah membuat nama brand. Membuat nama sebuah brand tidaklah mudah dan menjadi suatu tantangan tersendiri. Di mana, sebuah nama brand yang Anda pilih harus bisa menjadi identitas bagi bisnis. Pemilihan sebuah nama brand, juga berpengaruh bagi kesuksesan suatu bisnis. Di mana, nama brand yang yang tepat dapat mendukung Anda dalam proses branding. Hal ini, juga dapat membantu konsumen lebih mengenal dan mengingat produk atau brand Anda. Jika Anda masih kesulitan dalam membuat nama brand, di bawah ini adalah beberapa tips dari CAN Creative dalam memilih dan membuat nama brand dengan mudah dan menarik:

1. Nama Yang Belum Pernah Digunakan

Tips pertama yang dapat Anda lakukan dalam membuat nama brand adalah mencari nama yang belum pernah dipakai orang lain, dan benar-benar baru, serta bebas hak paten. Anda bisa menggunakan fasilitas mesin pencarian Google untuk melakukan survei dan menguji apakah pemilihan nama brand tidak terkait dengan hal-hal buruk. Sedangkan, untuk mengecek apakah nama brand Anda belum terpakai, Anda bisa mengecek di halaman Direktorat Jendral Kekayaan Intelektual.

2. Nama Yang Unik dan Singkat

Tips kedua adalah pemilihan nama brand yang unik dan singkat. Nama brand yang unik akan memiliki banyak keuntungan, misalnya dengan keunikan nama brand bisnis Anda akan mudah diingat oleh konsumen. Tetapi hindari keunikan nama brand dengan konotasi negative, karena akan memengaruhi citra bisnis yang akan Anda bangun. Selain itu, pemilihan nama yang panjang sangat tidak disarankan, karena akan lebih susah diingat. Pemilihan nama brand yang pendek, simpel dengan 1 atau 2 suku kata akan lebih menarik dan mudah diingat

3. Mudah Didengar & Diucap

Anda juga harus memastikan nama brand yang Anda buat mudah untuk didengar dan mudah untuk diucapkan. Hindari pemilihan nama brand yang sulit, dan rumit. seperti penggunaan bahasa asing yang tidak semua orang mengetahui cara bacanya dan maknanya. hal ini membuat konsumen akan mudah lupa nama brand Anda. Tetapi sebaliknya jika nama brand Anda mudah diingat orang, maka potensi brand Anda untuk menguasai pasar semakin besar. Anda juga dapat menambahkan nada baca yang unik pada band Anda agar ketika pelanggan mendengarkan nada baca tersebut, pelanggan akan langsung mengingat nama brand Anda.

4. Memiliki Makna Positif

Anda juga harus memilih nama brand yang memiliki makna positif. Seperti kata pepatah, bahwa nama adalah doa, sehingga pemilihan nama dengan makna yang positif akan mempengaruhi bisnis yang akan Anda jalankan. Jadi, cobalah untuk memilih nama brand yang memiliki makna positif bagi bisnis Anda. Dengan nama brand yang baik, berarti Anda menaruh harapan besar agar bisnis Anda juga dapat berjalan dengan baik, sesuai dengan nama yang diberikan.

5. Cerminan Produk

Tips selanjutnya adalah memilih nama yang dapat mencerminkan produk bisnis Anda dengan baik. Pemilihan nama brand dapat menyesuaikan dengan target pasar bisnis Anda. Misalnya target pasar Anda adalah perempuan dengan bisnis pakaian, bisa saja pilihan nama brand Anda adalah Female Wear. Dengan begitu, Anda dapat lebih mudah melakukan proses branding dan pengenalan bisnis pada masyarakat.

Perlu diingat bahwa nama brand merupakan hal paling penting yang harus Anda perhatikan ketika akan memulai bisnis. Di mana, nama brand akan mempengaruhi branding bisnis Anda untuk kedepannya. Maka dari itu, persiapkan nama brand bisnis Anda sebaik-baiknya dengan melakukan tips-tips di atas untuk membuat nama brand mudah dan menarik.

Setelah Anda berhasil memilih nama brand dan menjalankan bisnis, Anda juga harus mulai untuk mengonlinekan bisnis Anda. Contohnya dengan memiliki website bisnis dengan nama brand Anda sendiri dan domain yang unik. Hal ini dilakukan agar calon konsumen dari seluruh pelosok Indonesia mampu menjangkau bisnis Anda. Agar website Anda nantinya semakin berkembang, Anda dapat melakukan optimasi SEO. Optimasi SEO dilakukan agar website yang Anda miliki menguasai nomor 1 halaman pencarian google. Apabila bisnis Anda semakin berkembang Anda dapat memiliki aplikasi mobile untuk menunjang bisnis Anda dan customer engagement bagi customer loyal. Dengan aplikasi mobile, konsumen akan semakin dekat dengan Anda. Yuk diskusi dengan kami melalui instagram @cancreative , facebook CAN Creative dan website can.co.id. Tanya itu gratis kok. Jangan sungkan untuk mengkomunikasikan kebutuhan Anda dengan kami ya. Kami sebagai IT Consultant dengan sepenuh hati dalam mengakomodir kebutuhan Anda.