Kredibilitas atau kepercayaan merupakan salah satu kunci suksesnya sebuah bisnis online. Tanpa ada kepercayaan dari klien, maka bisnis tersebut akan sulit untuk berkembang. Jika kredibilitas website bisnis kita baik, diharapkan hal ini dapat meningkatkan kepercayaan pengunjung atau calon pembeli sehingga akan meningkatkan omzet bisnis Anda. Nah, salah satu platform yang banyak digunakan untuk membangun kepercayaan klien yaitu melalui website. Ada yang masih ragu tentang seberapa besar manfaat website bagi perkembangan bisnis online di era yang seperti ini ? sebaiknya Anda baca artikel Selangkah Lebih Dekat Untuk Menguasai Era Digital Marketing. Berikut ini CAN Creative membagikan tips untuk Anda mengenai 5 cara meningkatkan kredibilitas website. Simak info selengkapnya ya .

1. SSL Certificate

Ketika Anda memiliki website yang mengelola transaksi (misalnya transaksi belanja atau login) sehingga pengunjung memasukkan data-data penting mereka seperti data kartu kredit ataupun data diri, Anda sangat disarankan membeli sertifikat SSL (Secure Sockets Layer) tujuannya agar data-data tadi di encrypted atau disandikan sebelum dikirimkan dari pengunjung website ke server dimana website itu di hosting, begitu pula sebaliknya. Dengan demikian, pengunjung akan merasa aman ketika memasukkan data-data pribadi atau rahasia mereka. Ada 2 cara mudah mengenali website yang sudah menggunakan SSL, yaitu dari browser dan dari banner. Domain website yang sudah menggunakan SSL akan dimulai dengan https (ditandai dengan icon gembok). Jika website Anda Secure, maka hal ini akan meningkatkan kredibilitas website Anda.

2. ccTLD (country code Top Level Domain)

ccTLD adalah domain dengan akhiran negara, misalnya .id untuk Indonesia, .sg untuk Singapore, atau .my untuk Malaysia. Untuk bisa memiliki domain lokal ini, Anda diharuskan memiliki identitas negara tersebut, misalnya KTP untuk domain .id. Dengan demikian, website Anda secara tidak langsung telah terverifikasi.
Ada beberapa keuntungan menggunakan domain lokal, antara lain:
• Pengunjung akan dengan cepat mengenali dari negara mana website kamu berasal.
• Website kamu lebih mudah dicari oleh pengguna internet di Indonesia.
• Jaminan kepemilikan atas merk dagang lokal (Indonesia) yang diakses secara global.
• Merk dagang kamu dikenal secara global tetapi mendominasi di lokal.
• Mengurangi resiko kesalahan kepemilikan merk dagang.

3. Testimonial Pelanggan

Ada alasan mengapa website-website review seperti Tripadvisor, Yelp, Glassdoor atau Qerja.com begitu terkenal dan meraih omset yang tidak sedikit. Calon pembeli akan merasa teryakini dengan adanya testimonial atau review sebelum memutuskan untuk membeli barang atau jasa. Testimonial bekerja sangat baik untuk meningkatkan penjualan karena testimonial berisi informasi yang transparan mengenai pelayanan Anda dan tidak menggunakan bahasa-bahasa penjualan. Testimonial dari pembeli juga menjadi modal utama untuk memperbaiki pelayanan Anda. Oleh karena itu, berikan tempat khusus untuk meminta dan menampilkan testimonial dari pelanggan di website Anda.

4. Design Website

Website Anda akan lebih dipercaya ketika memiliki tampilan yang profesional dan mudah digunakan (user friendly), menggunakan foto manusia atau foto tim yang bekerja untuk website Anda (dengan ekspresi positif seperti tertawa), penggunaan warna yang cocok, kemudahan mendapatkan bantuan bila pengunjung mengalami kesulitan serta bebas dari error apapun. Dijamin design website yang membuat nyaman pengunjung akan menjadi daya tarik tersendiri sehingga mampu meningkatkan kredibilitas website bisnis Anda.

5. Alamat Yang Jelas

Jangan lupa memasukkan alamat dan kontak yang jelas sehingga calon pembeli bisa memverifikasi kebenaran informasi di website serta memiliki ijin yang jelas karena bisnis Anda ada secara fisik bangunan. Lokasi yang jelas bisa dibuktikan melalui google maps sehingga pelanggan akan lebih mudah menjangkau Anda. Jika bisnis Anda mempunyai alamat yang jelas tentu tidak perlu diragukan lagi kredibilitasnya.

Nah itulah beberapa cara meningkatkan kredibilitas website Anda agar terlihat lebih professional dimata pelanggan. Dengan memperbaiki dan menambahkan beberapa hal di atas, Anda bisa memberikan sugesti kepada pelanggan bahwa bisnis Anda itu bisa dipercaya. Jika Anda ingin memiliki website professional, Anda juga harus mempercayakannya pada yang professional pula. CAN Creative dapat mengakomodir kebutuhan website Anda dengan dilengkapi setting SEO dasar dan juga free maintenance . ingin konsultasi terlebih dahulu mengenai konsep website bisnis Anda ? yuk ikuti sosial media CAN Creative di facebook CAN Creative, instagram @cancreative atau website kami di can.co.id. nah dari penjelasan mimin di atas apakah ada lagi yang menurut Anda hal yang bisa meningkatkan kredibilitas website ? Komen di bawah ya.