Hallo sahabat CAN Creative, adakah diantara kalian yang bertanya-tanya “kapan pandemi akan pergi?”. Ya itu memang harapan kita semua bukan? Namun apabila kondisi ini belum berakhir jangan sedih ya sahabat, kita harus tetap berjuang agar kita mampu bertahan. Seperti yang kita ketahui, dampak pandemi covid-19 ini tidak hanya menyerang sektor kesehatan saja. Akan tetapi juga menyerang sektor perekonomian termasuk yang paling berdampak adalah Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) pun tak dapat memungkiri serangan pandemi ini.
Lantas, bagaimana strategi kita agar khususnya pemilik UMKM tetap bertahan mengikuti arus perubahan zaman? Sebelum sampai ke pembahasan itu, mari kita memahami situasi di sekitar kita terlebih dahulu. Apa yang paling sering dilakukan orang ketika adanya pandemi ini ? Tentunya mulai hidup sehat dan mengubah kebiasaannya dengan menjaga jarak untuk menghindari kerumuman bukan? Sekolah online, silaturahmi online, bahkan belanja online. Ya, semua kegiatan serba online menjadi meningkat tajam semenjak adanya pandemi ini. Dari sini, kita sebagai pelaku UMKM tentunya harus mampu melayani kebutuhan masyarakat tersebut dengan mengonlinekan bisnis kita. Apa saja sih manfaat dari mengonlinekan bisnis UMKM ini? Simak penjelasannya berikut ini :
1. Meningkatkan Kredibilitas Usaha
Kepercayaan konsumen sangat penting bagi keberlangsungan usaha kita bukan? Hal ini lah yang bisa Anda dapatkan jika memiliki website yang bisa dijadikan sebegai katalog produk digital oleh konsumen Anda dari berbagai penjuru daerah. Dengan eksistensi website company profile Anda tampil di internet, maka kredibilitas usaha Anda pun semakin meningkat.
2. Lebih Efisien
Apabila Anda memiliki website untuk usaha kecil menengah maka hal ini dapat memangkas biaya operasional. Anda bahkan tidak memerlukan kantor atau toko yang besar dalam menjajakan produk Anda. Anda hanya cukup secara aktif mengelola website Anda kapan saja dan dimana saja. Selain itu, pemanfaatan website sebagai sarana transaksi elektronik juga sangat efisien dari segi waktu yang digunakan. Pencarian informasi berupa produk atau jasa juga dapat dilakukan lebih cepat dan akurat tentunya.
3. Jangkauan Pasar Lebih Luas
Dengan memiliki website, pelaku UKM dapat melakukan pemasaran semakin luas dan tak terbatas waktu. Hal ini dikarenakan, kita hanya membutuhkan website dan kuota data untuk mengelolanya. Bisa kita bayangkan, semakin luas pasar yang dimiliki maka semakin besar pula potensi keuntungan yang diraih. Jadi promosi dalam bentuk website ini patut Anda coba.
4. Menyediakan Informasi Secara Lengkap
Dengan website, UKM bisa menampilkan katalog produk atau portofolio jasa yang sudah dijalankan selama ini. Sehingga konsumen maupun calon konsumen Anda dapat mengetahui informasi tersebut secara online. Informasi yang lengkap ini meliputi spesifikasi produk, gambar produk, bahkan video mengenai produk atau usaha secara lengkap. Calon pelanggan juga dapat mengetahui alamat usaha Anda, dan informasi penting lainnya.
5. Usaha Anda Buka 24 Jam
Berbeda dengan toko konvensional yang selalu ada jam buka dan jam tutup. Website dapat bekerja dalam menampilkan informasi usaha Anda selama 24 jam 7 Hari. Pelanggan tetap bisa dengan nyaman melihat produk atau jasa Anda. Dengan manfaat tersebut, hal ini dapat menjaring konsumen semakin banyak. Apalagi dengan gaya hidup online seperti saat ini, hal itu sangat memikat konsumen.
Demikian tadi beberapa manfaat memiliki website untuk bisnis khusunya UMKM . Bagaimana, manfaatnya banyak sekali bukan? Hal itu dapat menjadi strategi pemasaran ampuh di tengah situasi pandemi yang belum usai ini. Apabila Anda masih bingung dan ingin berkonsultasi seputar pembuatan website, digital marketing dan sebagainya Anda dapat menghubungi CAN Creative sebagai partner bisnis anda. Anda dapat mengikuti sosial media kami di Instagram @cancreative, Facebook CAN Creative dan Line @cancreative. Anda juga dapat mengetahui informasi seputar kami melalui website can.co.id. CAN Creative Make Things Easier.