Munculnya tren baru pada perkembangan industri di Indonesia meningkatkan daya saing antar perusahaan, baik perusahaan lama atau start up baru. Seperti perkembangan transportasi online ditahun 2015 serta munculnya startup fintech di tahun 2016 yang dapat diakses melalui smartphone masing-masing. Fenomena serupa terus terjadi ditahun-tahun berikutnya. Adanya inovasi-inovasi baru dibidang teknologi ditandai dengan munculnya beragam aplikasi mobile yang berfungsi untuk memudahkan kegiatan masyarakat. Para pelaku bisnis sudah mulai berlomba-lomba menciptakan suatu system untuk mengikat konsumen loyal mereka dan menyadari peluang dari mengembangkan aplikasi mobile. Lalu pertanyaannya, kapan waktu yang tepat bagi para pelaku bisnis untuk membuat aplikasi mobile nya sendiri?

1. Saat sudah memiliki website

Pembuatan aplikasi mobile dapat dilakukan sebagai langkah lanjutan jika kalian sudah memiliki website. Pembuatan aplikasi mobile dapat mengikat konsumen loyal kalian, sehingga konsumen akan lebih nyaman dalam menggunakan layanan yang kalian sediakan. Konsumen tidak harus mengingat atau mencari alamat website kalian. Hanya dengan sekali klik, konsumen dapat mengakses layanan kalian.

2. Saat sudah memiliki konsumen

Jika kalian belum memiliki website namun kalian sudah memiliki konsumen, maka pembuatan aplikasi mobile harus segera dilakukan. Karena, masyarakan sekarang ingin lebih dimudahkan dalam mengakses sesuatu melalui smartphone mereka.

3. Saat sudah memiliki konsep aplikasi

Pembuatan aplikasi mobile merupakan peluang bisnis baru yang patut dicoba. Dengan konsep yang matang dan target pasar yang jelas dapat memudahkan kalian dalam mengembangkan aplikasi mobile ini.

4. Ketika sudah memiliki biaya untuk membuat aplikasi mobile

Ketika kalian ingin membuat aplikasi baik mobile atau website, kalian harus menyiapkan biaya untuk proses development-nya. Lalu berapa nominal biaya yang harus disiapkan? Besar kecilnya biaya pembuatan aplikasi tergantung pada tingkat kerumitan konsep yang kalian miliki. Hal ini dapat kalian diskusikan dengan calon vendor pembuat aplikasi.

5. Saat sudah menemukan vendor yang berorientasi solusi

Kalian harus berhati-hati dalam memilih vendor jasa pembuatan aplikasi mobile. Hal tersebut dimaksudkan agar konsep yang sudah kalian susun bisa dieksekusi dengan baik. Sebelumnya, kalian harus mencari beberapa vendor sebagai pembanding. Vendor yang tepat adalah vendor yang berorientasi pada solusi. Solusi tersebut dapat digabungkan dengan konsep yang kalian miliki dan tentunya, kalian harus melihat portofolio yang dimiliki vendor tersebut.

Jadi, sebelum kalian membuat aplikasi, kalian harus memiliki strategi bisnis yang sudah disusun sebelumnya. Hal tersebut untuk memudahkan kalian dalam bersaing dengan perusahaan lain. Gagasan baru sangat diperlukan, sehingga aplikasi kalian dapat berbeda dengan aplikasi yang sudah ada sebelumnya. CAN Creative dapat membantu untuk menyempurnakan dan mengeksekusi konsep yang kalian miliki.