Banyaknya aplikasi online shop saat ini menambah variasi dan daya saing menjadi semakin ketat. Harus ada inovasi-inovasi baru agar aplikasi online shop kalian lebih unggul dari aplikasi online shop lainnya. Salah satu daya tarik dari aplikasi online shop bisa dari tampilan halaman aplikasi toko online harus dibuat semenarik mungkin, sehingga para pelanggan suka dan nyaman untuk mengunjungi aplikasi kalian. Namun, tak banyak orang memahami kriteria toko online yang profesional yang bisa meningkatkan kepercayaan konsumen pada aplikasi kalian. Kemudian, aplikasi kalian juga harus memiliki fitur-fitur dasar dari sebuah toko online. Fitur fitur tersebut bertujuan untuk membuat konsumen nyaman ketika berbelanja di toko online kalian. Lalu apa saja sih fitur dasar yang harus ada di aplikasi toko online? Berikut pembahasannya.

1. Keranjang belanja

Seperti halnya di toko offline, fitur keranjang belanja atau shopping cart di toko online juga sangat dibutuhkan oleh para pembeli untuk menampung seluruh produk yang akan dipesan. Selain itu, jika pembeli merasa ada barang yang tidak perlu mereka beli, mereka bisa membatalkan pesanan produk tersebut dengan fitur keranjang belanja. Fitur keranjang belanja ini biasanya terletak dibagian atas atau dibagian yang mudah terlihat pada aplikasi toko online.

2. Halaman promo

Dengan adanya halaman yang menarik, maka pengunjung akan merasa tertarik untuk mengunjungi dan bertransaksi melalui toko online kalian. Contohnya saja, kalian bisa memberikan potongan harga, bonus produk, dll. Berikan penawaran yang terbatas sehingga akan memancing konsumen untk segera melakukan transaksi. Kalian juga bisa mencoba memberikan promo bebas biaya kirim. Berikan penawaran pemangkasan biaya ketika menghabiskan jumlah tertentu atau bahkan gratis pengiriman untuk semua pembelian. Hal ini diyakini dapat meningkatkan jumlah penjualan kalian.

3. Daftar Produk Baru

Dalam mengembangkan aplikasi toko online, tentu kalian harus selalu memperbarui produk yang dijual. Nah, saat melaunching produk baru ini alangkah baiknya kalian menampilkannya sebagai fitur khusus. Jangan lupa juga untuk menampilkan fitur produk terbaru ini di halaman utama aplikasi agar mudah terlihat oleh calon pembeli. Dengan adanya fitur khusus untuk produk terbaru ini tentu pengunjung akan dengan mudah mengetahui adanya produk terbaru dan mereka pun akan berbelanja dengan lebih nyaman dan menyenangkan.

4. Halaman Kontak

Fitur wajib aplikasi toko online selanjutnya adalah informasi kontak. Sangat simpel, namun bagian ini dirasa penting karena memberikan pelayanan dan respon yang cepat baik melalui telepon atau chat online dapat menjadi suatu hal yang sangat bernilai di dalam toko online kalian. Pembeli harus dapat berkomunikasi dengan penjual kapanpun. Jadi ketika ada masalah, pertanyaan, atau hal-hal yang mengganggu lainnya bisa langsung dikomunikasikan dengan penjual .

5. Wishlist

Tidak lengkap rasanya jika aplikasi toko online tidak ada fitur wishlist. Kenapa? Karena, fitur wishlist dapat memudahkan pengguna untuk mengetahui update dari produk favoritnya. Jika pelanggan dapat menampung produk favoritnya, maka kesempatan untuk terjualnya produk tersebut akan semakin besar.

6. Related Item

Hanya dengan menambahkan fitur “Produk terkait” dapat membuat pelanggan tetap melanjutkan proses pencarian produk melalui aplikasi toko online kalian. Fitur “Produk terkait” di dalam aplikasi toko online ternyata memberikan efek mengikat yang banyak dimanfaatkan oleh penjual. Dengan adanya fitur “Produk terkait” maka secara tidak langsung kalian menempatkan diri sebagai penjual yang mengerti akan kebutuhan pelanggannya.

7. FAQ

Fitur Frequently Asked Questions (FAQ) memungkinkan pelanggan untuk menemukan informasi tentang penggunaan atau fungsi dari fitur-fitur yang ada di aplikasi. Untuk itu, fitur FAQ termasuk pada detail informasi yang perlu kalian sediakan gunakan mendapatkan kredibilitas dan kepercayaan dari pelanggan. Lengkapi fitur FAQ dengan sebuah “area” yang memungkinkan pelanggan untuk menanyakan hal lain yang tidak ada di dalam daftar FAQ.

8. Metode Pembayaran Yang Beragam

Dengan banyaknya metode pembayaran yang kalian sediakan di aplikasi toko online, akan memudahkan transaksi konsumen. Dengan mudahnya transaksi tersebut dapat menarik minta beli pengguna. Kalian juga bisa mengakomodir banya pembayaran, jadi kalian akan lebih fleksibel dalam melayani pembeli.

9. Search

Sepertinya fitur ini memang harus ada disemua aplikasi, termasuk toko online. Sesuai dengan namanya, fitur ini memang akan sangat berguna bagi pengguna aplikasi untuk melakukan pencarian apapun seperti nama produk tertentu. Dengan mengetikkan keyword tertentu, maka akan muncul produk yang sesuai.

10. Kebijakan Pengembalian Barang

Kebijakan pengembalian barang merupakan fitur penting dari setiap aplikasi toko online karena merupakan salah satu fitur untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan. Fitur ini meyakinkan pembeli bahwa kalian bersedia bertanggung jawab jika ada kesalahan pengiriman, produk yang rusak atau tidak sesuai dan lain sebagainya.

Itulah 10 fitur dasar yang harus ada di toko online kalian. Jadi, apakah toko online kalian sudah ada fitur-fitur di atas? Atau kalian malah belum punya toko online? CAN Creative bisa membantu kalian untuk membuat toko online yang memenuhi standar dan CAN Creative bisa memberikan masukkan untuk fitur tambahan agar aplikasi toko online kalian beda dari yang lain. Kalian bisa menghubungi CAN Cretaive melalui website atau sosial media CAN Creative. Nantikan artikel-artikel lainnya ya..