Dampak pandemi Covid-19 sangat terasa di dunia bisnis dan ekonomi. Dalam waktu yang cukup singkat, pola pemasaran pun berubah terlebih ketika diberlakukan social distancing dan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Pebisnis harus putar otak untuk bisa memasarkan produk agar diminati masyarakat. Sebagai strategi agar brand bertahan di tengah pandemi virus corona, banyak pelaku bisnis yang beralih kepada pemasaran secara online dan digital branding sebagai sarana komunikasi dengan target konsumennya. Berbeda dengan strategi pemasaran secara konvensional atau offline yang hanya berputar pada itu-itu saja. Strategi pemasaran secara online jauh lebih luas jangkauannya dan kompleks sehingga dapat di sesuaikan dengan berbagai jenis bisnis atau produk yang ingin di jual. Berikut ini beberapa strategi pemasaran online yang bisa Anda coba di tengah pandemi ini.
1. Membangun Website
Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah membangun website. Hal ini dilakukan agar pelanggan tidak hanya mengenal toko kita secara langsung tetapi juga secara online. Oleh karena itu wajib bagi Anda untuk memiliki toko virtual. Baik milik sendiri atau melalui perantara, dengan toko virtual dan memasarkan produk/jasa secara online akan lebih efektif. Apalagi di tengah pandemi ini, banyak orang yang suka melakukan belanja online dari rumah saja. Website ini nantinya akan menjadi wadah antara usaha kita dengan calon pelanggan. Mereka bisa mengenal produk/jasa yang kita tawarkan melalui website. Tentu hal ini memudahkan bagi pelanggan bukan?
2. Search Engine Optimization (SEO)
Setelah Anda memiliki website, terdapat strategi pemasaran online dengan mengoptimasi website. Cara ini sering disebut search engine optimization (SEO). Hal ini dilakukan agar website Anda dapat muncul di urutan pertama dalam pencarian mesin telusur seperti Google. Bila website berada di urutan teratas maka kemungkinan besar audiens akan mengunjungi website dan berpotensi membeli produk. Untuk strategi pemasaran ini biasanya menggunakan artikel dengan kata kunci tertentu dan panjang kata yang sudah ditentukan. Kemudian menggunakan meta tags yaitu memberi title tag dengan meta description yang berfungsi untuk mempermudah search engine dalam memahami isi konten sebuah website. Serta, penggunaan backlink yang berguna untuk mereferensikan website yang dimiliki. Untuk tips optimasi SEO Anda bisa membaca artikel kami yang lain *5 langkah mudah Optimasi SEO.
3. Search Engine Marketing
Search Engine Marketing (SEM) juga adalah strategi pemasaran yang memanfaatkan mesin pencari untuk mendapatkan banyak konsumen. Berbeda halnya dengan SEO, dengan SEM memungkinkan Anda untuk langsung menduduki peringkat teratas dari hasil pencarian. Search Engine Marketing (SEM) merupakan strategi pemasaran online dengan menempatkan iklan website di posisi paling atas di mesin pencarian. Namun tentunya di butuhkan biaya untuk menerapkan strategi marketing ini. Biaya juga sangat dipengaruhi dengan kata kunci yang ingin di targetkan. Satu kesamaan yang di miliki oleh SEO dan SEM adalah target pasar yang jauh lebih spesifik dan relevan dengan bisnis atau produk ingin Anda promosikan.
4. Social Media Marketing
Terakhir adalah social media marketing. Dari sekian banyak strategi pemasaran online, social media marketing adalah yang paling mudah untuk diterapkan. Karena hampir semua orang memiliki sosial media mulai dari WhatsApp, LINE, Facebook, Twitter, dan yang sedang naik daun saat ini adalah Instagram dan TikTok. Social media marketing bergantung sekali pada content marketing. Bila content marketing dapat dikemas dengan baik, maka dapat dipastikan social media marketing akan berjalan dengan lancar. Karena mayoritas pelanggan baru didapatkan melalui strategi ini.
5. Aplikasi Mobile
Kegunaan dan efisiensi aplikasi mobile adalah beberapa di antara banyak faktor yang bisa memenangkan hati pelanggan. Adanya aplikasi mobile dapat menyelamatkan pelanggan dari keharusan menghafal URL panjang dan masuk ke akun mereka beberapa kali. Aksesibilitas aplikasi mobile jauh lebih unggul daripada situs website. Dengan satu ketukan jari, pelanggan dapat dengan mudah mengakses konten dan produk Anda kapan saja. Dengan memenuhi semua kebutuhan pelanggan, aplikasi mobile memiliki peluang lebih besar untuk mendorong pelanggan untuk terus berbelanja produk-produk Anda yang lain. Faktanya, aplikasi memiliki tingkat konversi tiga kali lebih tinggi dibandingkan dengan situs web seluler.
Di tengah pandemi ini, apakah Anda sudah siap untuk membangun bisnis Anda secara digital ? Jika Anda ingin membuat website, aplikasi, optimasi SEO, atau memasang google adwords untuk membranding bisnis Anda secara digital, kami akan dengan senang hati membantu. Kami menyediakan layanan pembuatan website atau aplikasi mobile untuk bisnis, toko, institusi, travel, maupun blog. Kami juga dapat membantu mewujudkan aplikasi impian Anda. Jangan lupa ikuti terus update informasi dari kami di social media instagram @canreative, facebook CAN Creative, Line cancreative.