January 27, 2021
Cara SEO untuk UKM dan Bisnis Startup

Bagi Anda yang baru memulai bisnis online , mendapat ranking tinggi di search engine pasti adalah suatu tujuan. Anda tentu ingin website Anda muncul di halaman pertama ketika seseorang memasukkan dan mencari keyword yang berhubungan dengan bisnis Anda di search engine. Mungkin saat ini, Anda sudah familiar dengan istilah SEO atau Search Engine Optimization. SEO adalah effort atau usaha untuk meningkatkan visibilitas di search engine. Berbagai teknik SEO yang Anda terapkan di website Anda memiliki satu tujuan, yaitu agar website Anda muncul di halaman hasil pencarian.

Selama ini mungkin Anda sudah sering membaca berbagai artikel tentang cara-cara mengoptimasi situs. Hal ini dilakukan agar situs Anda mendapat ranking yang tinggi di halaman hasil pencarian search engine seperti Google atau Bing. Di artikel kali ini, CAN Creative akan membahas faktor SEO apa saja yang perlu diperhatikan dalam membuat sebuah website. Hal ini berguna untuk UKM dan bisnis startup. Jika Anda melakukan SEO untuk website sebuah UKM atau bisnis startup, ada beberapa faktor yang harus Anda perhatikan. Simak informasi lebih lanjut agar Anda mendapatkan hasil yang Anda mau.

1. Waktu Bisnis Anda

Pertanyaan pertama yang Anda harus tanya ketika Anda ingin memulai penerapan SEO pada website Anda adalah berapa lama Anda berencana untuk melakukan bisnis ini. Ini adalah pertanyaan penting karena perlu diingat bahwa effort SEO memakan waktu dan Anda juga kemungkinan besar baru akan melihat hasilnya dalam waktu yang lama. Untuk suatu konten bisa mendapatkan visibilitas di search engine, bisa memakan waktu hingga satu sampai dua tahun.

2. Brand Building

Untuk membantu Anda dalam brand building, Anda disarankan untuk membuat konten terbaik di industry Anda, tergantung dengan expertise dan budget. Perlu diperhatikan bahwa konten yang berkualitas adalah salah satu cara untuk mendapat perhatian Google. Konsepnya, Google akan membantu Anda untuk mendapat ranking yang tinggi di halaman hasil pencarian. Tetapi Anda harus membuat sebuah konten yang bagus untuk audience Google. Jika Anda ingin tahu bagaimana cara membuat konten yang baik, Anda bisa membaca artikel kami yang membahas cara membuat konten yang berkualitas . Selain itu, Anda juga disarankan untuk membuat konten yang panjang (minimal 1890 kata dalam satu artikel). Jika Anda menyajikan konten yang panjang di website Anda, pengunjung website akan berada di website Anda untuk waktu yang lebih lama. Lamanya seseorang berada di website Anda memang mempengaruhi ranking situs Anda di halaman hasil pencarian.

3. Research Keyword yang Sesuai dengan Bisnis Anda

Anda harus tahu keyword-keyword apa saja yang digunakan oleh orang-orang untuk mencari barang-barang atau jasa yang Anda tawarkan. Misalnya, Anda berjualan jersey bola. Anda bisa menggunakan Google Keyword Planner untuk melihat keyword apa yang berhubungan dengan jersey bola yang sering digunakan masyarakat. Anda bisa mendownload hasil dari Google Keyword Planner kemudian bisa sort di excel untuk melihat keyword mana yang banyak digunakan dan sebaiknya Anda gunakan untuk website bisnis Anda. Setelah itu, masukkan keyword ini di home, kategori produk, product detail, product naming, nama file gambar, title, meta description, URL, anchor text untuk internal link, atau penamaan kategori blog Anda.

4. Backlink

Sumber backlink yang terbaik adalah website-website yang sering disebut sebagai authority website atau situs otoritas. Website yang dikategorikan sebagai authority website adalah situs web berkualitas tinggi yang dihormati oleh orang-orang berpengetahuan di industrinya. Ini adalah situs yang memiliki konten yang sangat bagus. Dan membuat situs ini sangat berguna sehingga orang benar-benar senang mengunjunginya dan ingin membaginya dengan teman mereka. Situs otoritas menerbitkan informasi yang dapat dipercaya dan terhubung ke tempat terpercaya lainnya di web. Jika Anda ingin meningkatkan ranking website Anda di Google, ada beberapa website yang lebih disukai Google antara lain YouTube, Twitch, Dailymotion, Flickr, Yahoo! Groups dan sebagainya yang bisa Anda coba.

5. On-Page SEO untuk website sebuah bisnis

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, memasukkan keyword yang Anda targetkan atau berhubungan dengan bisnis Anda di URL, title, dan meta description Anda adalah salah satu teknik SEO yang harus dilakukan. Selain itu, jangan lupa untuk menggunakan LSI keywords atau sinonim keyword dan keyword berkaitan dalam konten Anda agar Anda tidak terkena penalti dari Google karena terlalu sering menggunakan kata kunci yang sama.

Apakah Anda sudah sudah siap memulai optimasi SEO bagi bisnis UKM ataupun startup milik Anda ? CAN Creative menawarkan solusi agar website Anda berada di halaman 1 mesin pencarian dengan menggunakan jasa optimasi SEO. Agar website Anda berada di halaman pertama mesin pencarian ? Anda dapat menghubungi CAN Creative sebagai jasa optimasi SEO . Kunjungi website CAN Creative di can.co.id, atau follow melalui social media di instagram @cancreative, facebook CAN Creative. Selain itu, CAN Creative juga dapat membantu Anda untuk pembuatan aplikasi mobile dan juga website. Jadikan CAN Creative sebagai partner berbisnis Anda di era digital.

RECENT POST