Salah satu hal yang paling menjadi sorotan dalam dunia pembuatan aplikasi mobile saat ini adalah pengelolaan database.Namun sebelum menggunakan jasa pembuatan aplikasi mobile kalian harus tahu apa sih database itu? Jadi database merupakan kumpulan data yang dikemas secara rapi dan terstruktur dalam suatu sistem serta dapat diolah menggunakan suatu tools atau software khusus untuk menghasilkan informasi. Kebutuhan akan informasi inilah yang menjadikan pengelolaan database menjadi sangatlah penting. Selanjutnya, akan dibahas mengenai beberapa macam database yang sering digunakan dalam jasa pembuatan aplikasi mobile dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing

1. MYSQL

MySQL merupakan turunan salah satu konsep utama dalam database, yaitu SQL (Structured Query Language). MySQL merupakan database engine atau server database yang mendukung bahasa database pencarian SQL. Sebagai database server, MySQL dapat dikatakan lebih unggul dibandingkan database server lainnya dalam query data. MySQL memiliki beberapa kelebihan diantaranya:
a. Dapat berjalan stabil pada berbagai sitem operasi.
b. MySQL didistribusikan secara open source, sehingga dapat digunakan secara gratis.
c. MySQL dapat digunakan oleh beberapa user dalam waktu yang bersamaan tanpa mengalami masalah atau crash. Sedangkan kekurangan dari database ini adalah sulit untuk diaplikasikan pada intansi atau perusahan dengan database yang besar serta kurang populer untuk aplikasi mobile dan game.

2. SQL LITE

Berbeda dengan kebanyakan sistem manajemen database lainnya, SQLite bukanlah mesin database client-server melainkan berupa file tunggal atau beberapa file saja. SQLite bersifat gratis untuk penggunaan apapun, baik itu untuk komersial ataupun pemakaian pribadi. Berikut ini adalah beberapa fitur yang dimiliki oleh SQLite :
a. SQLite bersifat gratis dan open source. Jadi kalian tidak membutuhkan lisensi untuk menggunakannya.
b. SQLite tidak membutuhkan server. SQLite tidak membutuhkan server untuk penggunaannya.
c. SQLite sangat fleksibel. SQLite memungkinkan kalian bekerja dengan database yang berbeda diwaktu sama.
Meskipun SQLite merupakan database yang cukup sederhana dengan beberapa fasilitas, bukan berarti SQLite tidak memiliki kekurangan. Beberapa fasilitas yang tidak didukung oleh SQLite sengaja ditiadakan untuk mempertahankan SQLite sebagai embeddable database server , seperti check constraint , variabel subquery, foreign key constraint, dan lainnya.

3. SQL SERVER

SQL Server adalah sistem manajemen database relasional (RDBMS) yang dirancang untuk aplikasi dengan arsitektur client/server. Beberapa kelebihan SQL Server yaitu, memiliki system yang powerfull dan banyak digunakan di perusahaan-perusahaan besar karena bisa mendukung konsep Client Server. Bagi kalian yang masih duduk di bangku sekolah atau perguruan tinggi, bekerja di perusahaan besar adalah sebuah impian. Jika perusahaan besar menggunakan SQL Server, bisa dibayangkan betapa besar peluang pekerjaan yang kalian miliki jika kalian bisa mengoperasikan SQL Server. Kemudian apa kekurangan SQLServer? kekurangan dari SQL Server, yaitu merupakan software berbayar. Dengan kata lain, SQL Server tidak gratis. Oleh karenanya, hanya perusahaan-perusahaan besar yang mau untuk menggunakan SQL Server. Walaupun ada SQL Server yang gratis yaitu versi Express, namun banyak fitur yang kurang lengkap dari versi yang berbayar.

4. POSTGRE SQL

PostgreSQL adalah Sebuah Relational Database Managemen System (RDBMS) yang bersifat Open Source dan tidak dikontrol oleh perusahaan, sehingga source code yang tersedia bisa kita dapatkan secara gratis. Beberapa kelebihan dari database ini adalah:
a. Menyediakan seluruh fitur database. Sebagian besar fitur database yang disediakan PostgreSQL mencakup fitur-fitur database yang sering digunakan pada sistem database lainnya seperti mysql.
b. Stabil dan terpercaya. Jarang ditemukannya crash di saat melakukan berbagai macam operasi dengan tingkat aktivitas yang tergolong tinggi.
Sedangkan kekurangan dari PostgreSQL adalah :
a. Fungsi PostgreSQL terbatas. Beberapa fungsi PostgreSQL diantaranya adalah hanya penambahan kolom, penggantian nama kolom, dan juga penggantian pada nama tabel.
b. Kurang populer. Eksistensi PostgreSQL ini memang kurang popular dibandingkan dengan database lainnya.

5. ORACLE

Oracle adalah database relasional yang terdiri dari kumpulan data dalam suatu sistem manajemen basis data RDBMS (Relational Data Base Management System) yang multi-platform. Oracle mempunyai kemampuan untuk menangani banyak user yang melakukan koneksi secara simultan tanpa berkurangnya performance yang signifikan. Oracle juga dapat melindungi data dari kerusakan jika terjadi kegagalan fungsi. Sedangkan kelemahan dari database Oracle dibandingkan dengan yang lainnya yaitu, database Oracle merupakan software database dengan nilai yang paling tinggi dan paling mahal, serta membutuhkan spesifikasi hardware yang tinggi dikarenakan adanya fungsi yang kompleks dan manajemen yang baik dari database ini.

6. MS. ACCESS

Database dalam Microsoft Office Access merupakan kumpulan informasi yang saling berhubungan dan terdiri atas beberapa komponen, yaitu : Table, Query, Form, Report, Macro, dan Module. Fungsi/kegunaan utama dari Ms. Access yaitu untuk menangani proses manipulasi data dan pembuatan sebuah sistem. Di dalam Ms. Access, kita dapat dengan mudah dalam menyusun relasi dan query. Keamanan di Ms. Access juga terjamin karena disediakan password untuk pengamanan file basis data agar tidak bisa dibuka kecuali mengetahui passwordnya. Namun, arsitektur database Microsoft Access lebih ditujukan kepada penggunaan lokal dan jaringan kecil menengah sederhana dimana konsep client-server tidak digunakan. Serta arsitektur nya belum secanggih database lain sehingga collision dan redudansi data bisa saja terjadi pada basis data yang kita buat sewaktu-waktu.

Database di atas bisa kalian gunakan untuk mendukung system yang sedang kalian buat. Pemilihan jenis database sangat penting karena hal tersebut dapat memudahkan kalian atau akan menimbulkan masalah dikemudian hari. Jadi, kalian harus mengenali konsep system terlebih dahulu kemudian memilih database yang cocok dengan sistem dan style kalian.