Halo Sobat CAN, Akhir-akhir ini filter Instagram lagi eksis nih, hampir kebanyakan pengguna Instagram menggunakan filter Instagram. Di Indonesia sendiri menurut databoks.katadata.co.id Indonesia menempati posisi ke 4 pengguna Instagram terbanyak di dunia dengan 93 juta pengguna. Instagram menyediakan fitur filter yang unik dan lucu sehingga menambah daya tarik Instagram stories. Pasti Sobat CAN sudah tidak asing kan dengan filter Instagram itu sendiri. Filter adalah salah satu fitur yang disediakan Instagram untuk menggabungkan postingan asli (foto ataupun video) dengan efek virtual. Efek yang disediakanpun cukup beragam mulai dari efek blur, polaroid, warna warni, hingga menyulap menjadi wajah kartun. Dengan adanya efek membuat Instagram lebih menarik dan pengguna tidak perlu menggunakan make up atau property untuk membuat story.

CAN Creative : Jasa-Pembuatan-Aplikasi-Mobile-Website

Jika biasanya pengguna Instagram hanya menggunakan filter Instagram yang ada, pernahkah Sobat CAN berandai-andai bisa menggunakan filter karya sendiri ? Jikalau tidak bisa mengoding apakah bisa membuat filter itu? Tenang saja sobat CAN karena di artikel ini, kalian bisa menambah ilmu mengenai pembuatan filter Instagram dengan menggunakan aplikasi besutan Facebook yaitu Spark AR Studio. Spark AR Studio adalah platform AR yang digunakan untuk membuat efek AR pada kamera smartphone. Platform ini menggunakan konsep Augmented Reality dimana teknologi yang menggabungkan konsep real time terhadap digital konten yang dibuat oleh komputer dengan dunia nyata. Prinsip cara kerja AR yaitu kamera yang telah dikalibrasi akan mendeteksi marker yang diberikan, kemudian setelah mengenali dan menandai pola marker, kamera akan melakukan perbandingan apakah marker sesuai dengan database yang dimiliki atau tidak. Jika sebelumnya Spark AR Studio hanya digunakan orang-orang tertentu, sekarang platform ini dirancang siapapun dapat berkreasi untuk membuat filter menarik dan mencoba pengalaman Augmented Reality di Instagram. Spark AR studio hanya tersedia untuk sistem operasi Windows (64 bit) atau MacOS 10+.

Tahapan untuk menjadi creator filter ada 3 yaitu :

1. Idea

CAN Creative : Jasa-Pembuatan-Aplikasi-Mobile-Website

Tahap pertama yang harus dilakukan adalah mengumpulkan ide dan melihat banyak refrensi. Setelah menemukan ide kita bisa mengaitkan ide dengan dengan target pasar agar filter yang dibuat banyak disukai masyarakat. Setelah itu kita bisa menyusun branding dari filter kita. Pilih branding yang lagi banyak digemari masyarakat dan jika bisa berikan filter yang ada interaksi dengan pengguna misalkan yang bergerak atau berubah-ubah ataupun yang lainnya. Dan terakhir bisa melakukan mockup seperti membuat prototypenya dan memastikan semuanya mulai dari ide, branding, dan lainnya sudah benar.

2. Development

CAN Creative : Jasa-Pembuatan-Aplikasi-Mobile-Website

Kita bisa mencoba menggunakan photoshop untuk menerapkan pengaturan warna seperti color balance, exposure, dll. Jika sudah puas kita bisa membuat berkas LUT lalu diexport as png. Jika sudah ada gambaran, tibalah di tahap pengembangan menggunakan platform Spark AR Studio. Tahapan dimulai dari Create New – Blank Project kemudian bisa diedit dengan menambahkan patch assets, mengatur property tiap objek, lalu menambahkan berkas LUT dan FastColorLUT ke dalam proyek, dan edit-edit sesuai kreativitas mulai dari textur, tambahan material atau object dan lainnya. Tahap akhir hubungkan tiap patch pada patch editor dengan benar maka video preview akan jadi sesuai dengan keinginan creator. Kemudian jalankan proyek tersebut pada smartphone dengan unduh aplikasi Spark AR Player terlebih dahulu di playstore. Kemudian jalankan pada kamera Instagram di smartphone kalian.

3. Publishing

CAN Creative : Jasa-Pembuatan-Aplikasi-Mobile-Website

Tahap terakhir setelah membuat ide dan pengembangan proyek adalah mempublish hasil karya kita. Kita bisa mempromosikan dengan menambahkan link filter menggunakan metode swipe up. Dan jangan lupa untuk sering-sering menggunakan filternya dan meminta bantuan teman terdekat untuk mencoba filter dan mempromosikannya. Ketika followermu melihat insta-storymu, mereka dapat melihat dan mencoba langsung filter yang kita buat. Tambahkan pada link bio untuk memudahkan pengguna Instagram mencoba juga. Selain itu kita bisa menggunakan influencer supaya lebih terkenal lagi.

Itu dia Sobat CAN mengenai cara-cara membuat filter Instagram sendiri menggunakan Spark AR. Apakah sobat CAN tertarik untuk membuat filter Instagram sendiri ? Atau bisnis Sobat CAN ingin mengembangkan filter juga ? Jika dirasa Sobat CAN memerlukan bantuan untuk membuat filter Instagram, Sobat CAN bisa menghubungi CAN Creative karena kami CAN Creative siap membantu kalian. Hubungi CAN Creative untuk mendapatkan penawaran menarik. Kami aktif di sosial media facebook CAN Creative, instagram @cancreative dan juga website can.co.id. CAN Creative, Make Things Easier.