Hai sobat CAN Creative, pernahkah kalian berfikir kenapa aplikasi lain bisa terhubung dengan aplikasi lain ya? Padahal kedua aplikasi yang berinteraksi tersebut berbeda developer namun tetap bisa saling berinteraksi satu sama lain. Ternyata aplikasi dengan aplikasi lainnya bisa berinteraksi menggunakan API. Dengan adanya interaksi aplikasi satu dengan aplikasi lainnya menciptakan efisiensi dari segi biaya dan waktu pengembangan aplikasi sehingga tidak perlu effort dan waktu yang banyak.

CAN Creative : Jasa-Pembuatan-Aplikasi-Mobile-Website

Saat ini banyak aplikasi mobile yang telah berhasil dibuat dan fungsinya sudah sangat luas. Contoh nyata yang bisa kita lihat yaitu aplikasi ojek online, apliasi edit foto, aplikasi edit video, aplikasi sosial media, aplikasi online shop dan masih banyak lagi aplikasi lain yang memudahkan kita dalam menjalani hari-hari. Semua aplikasi mobile tersebut tidak terlepas dari adanya peran API. API itu sendiri singkatan dari Application Programming Interface. Biasanya dalam satu aplikasi terintegrasi dengan satu API bahkan ada yang terintegrasi dengan banyak API misalnya saja aplikasi ojek online. Didalam aplikasi ojek online terdapat API Google Maps untuk berinterkasi dengan maps milik Google, dan API untuk berinteraksi dengan e-wallet, bank, atau midtrans agar pengguna bisa membayar tanpa harus keluar dari aplikasi ojek online tersebut. API ini bersifat aman dan dapat dioperasikan dengan mudah. API membantu para developer untuk membuat mobile app yang bermanfaat bagi banyak orang.

Selain ojek online, API juga bisa kita temukan di media sosial yang sudah terkenal yaitu Facebook. Ketika kita berinteraksi dengan Facebook, maka kita sedang berinteraksi dengan Facebook API. Saat kita bermain game lalu mem-posting hasil pencapaian skor game di halaman Facebook, itu adalah kerja Facebook API. Dengan adanya Facebook API membuat aplikasi eksternal seperti game bisa berinteraksi dengan Facebook. 

Lalu apa saja manfaat API dalam pembuatan aplikasi ?

Secara umum API bisa meningkatkan efisiensi waktu, fleksibilitas, dan menghemat biaya. Selain itu, ada juga yang lainnya, diantaranya :

1. Mempermudah pembuatan aplikasi secara fungsional dan kompleks

CAN Creative : Jasa-Pembuatan-Aplikasi-Mobile-Website

Hal tersebut dikarenakan API membuat fitur aplikasi menuju aplikasi tujuan dapat dibuat secara otomatis tanpa perlu tambahan data secara manual. Contohnya ada aplikasi A yang membutuhkan kamera, developer bisa menambahkan API kamera secara langsung masuk ke aplikasi kamera sehingga tidak perlu mengkoding manual untuk memasukkan fitur kamera.

2. Efisiensi dan efektvitas pengembangan aplikasi.

CAN Creative : Jasa-Pembuatan-Aplikasi-Mobile-Website

Dengan adanya API developer tidak perlu membangun aplikasi membangun 2 aplikasi yang berbeda. Namun dengan API, cukup melakukan integrasi dengan masing-masing fitur maka gabungan fitur yang diunggulkan bisa menjadi satu aplikasi.

3. Meringankan beban server

CAN Creative : Jasa-Pembuatan-Aplikasi-Mobile-Website

Dimana data yang ada di server tidak perlu disimpan karena semuanya sudah disimpan di tempat lain yang mana akan bisa dibuka melalui API. Misalnya saja, kita membutuhkan data B pada aplikasi A, maka developer bisa membuat aplikasi A yang terhubung dengan data B pada aplikasi B. Dengan beban server yang ringan itu artinya mengurangi resiko bug pada aplikasi sehingga menguntungkan bagi developer dan pengguna aplikasi tersebut.

Cara Kerja API

Setelah memahami pengertian API, implementasinya, dan manfaatnya, sekarang kita akan menjabarkan cara kerja API dalam melakukan pekerjaanya. API melakukan beberapa tahapan diantaranya :

Aplikasi mengakses API

Misalnya pengguna membuka aplikasi ojek online dan ingin memesan ojek menuju destinasi A. Maka aplikasi ojek online tersebut akan mengakses API google maps dimana akan mendeteksi lokasi customer dan lokasi tujuan.

API membuat permintaan ke server

Misalnya API akan menyampaikan jika aplikasi membutuhkan data untuk lokasi customer berada dan lokasi tujuan.

Server akan merespon API

Apabila data permintaan sudah ditemukan lalu memberikan data lokasi yang diminta ke API.

Hasil data yang dibawa API

Akan diberikan ke Aplikasi (Ojek Online) sehingga pengguna bisa mendapatkan lokasi sesuai google maps tadi.

Jadi API merupakan hal yang penting bagi mobile programming developer karena memudahkan dalam mengembangkan aplikasi. API juga membantu mendorong inovasi terciptanya aplikasi-aplikasi bermanfaat. Apakah sobat CAN Creative terbesit keinginan membuat aplikasi mobile dengan API tertentu? Jika kalian belum paham mengenai API dan butuh bantuan, tenang saja karena ada kami CAN Creative yang siap membantu kalian. Hubungi CAN Creative untuk mendapatkan penawaran menarik. Kami aktif di sosial media facebook CAN Creative, instagram @cancreative dan juga website can.co.id. CAN Creative, Make Things Easier.