Memiliki aplikasi atau website katalog produk dapat membantu kalian untuk memasarkan produk kepada masyarakat luas. Para calon konsumen dapat mengetahui produk atau layanan yang kalian sediakan. Pengemasan produk atau jasa harus dibuat semenarik mungkin, sehingga dapat meningkatkan daya jual produk atau jasa yang kalian miliki. Katalog produk biasanya dibuat dalam bentuk grid maupun list. Lalu apa aja sih fitur-fitur yang harus ada di katalog produk? Simak artikel beriut ini:
- Nama dan gambar produk
Nama adalah sebuah identitas dan pengenal atas sesuatu. Ya benar, orang akan mencari sesuatu berdasarkan nama, begitupun dengan sebuah produk dalam toko online. Nama produk harus ditampilkan dalam sebuah katalog. Akan lebih informatif, jika didukung dengan visual yaitu gambar dari produk tersebut. Dengan adanya nama dan gambar produk, akan memperjelas identitas sebuah produk dalam katalog produk.
2. Deskripsi Produk
Selain nama dan gambar produk, orang juga akan menggali informasi suatu produk dalam katalog melalui detail atau deskripsi produk. Deskripsi harus dilampirkan secara jelas, biasanya berisi tentang ukuran, jenis bahan, berat, dan jumlah stok yang tersedia.
3. Harga Produk
Informasi harga ini akan disoroti oleh calon pembeli dan menjadi pertimbangan apakah mereka akan membeli suatu produk atau tidak. Mereka tidak akan membeli barang, jika harga tak ditampilkan dalam katalog. Untuk itu jangan lupa menambahkan informasi harga dalam setiap produk di katalog. Dengan adanya potongan harga pada produk, maka akan membantu untuk meningkatkan daya beli konsumen.
4. Kategori
Alangkah lebih baiknya jika katalog produk dalam toko online ditampilkan berdasarkan kategori. Misalnya, dalam aplikasi katalog produk terdapat kategori Fashion Wanita, kemudian konsumen ingin mencari rok pendek, maka konsumen bisa mencari rok pendek tersebut di kategori Fashion Wanita. Dengan adanya penggolongan produk berdasarkan kategori dapat memudahkan konsumen dalam mencari referensi produk yang ditawarkan dalam aplikasi mobile katalaog produk anda.
5. Rating dan feedback
Semua pembeli tentunya menginginkan untuk mendapatkan produk yang bagus dan berkualitas. Dengan adanya fitur rating dan feedback pada aplikasi mobile katalog produk akan menunjukkan kualitas dari suatu produk. Para pembeli akan melihat dan membaca seberapa banyak rating serta feedback dari pembeli lain untuk dijadikan referensi dalam membeli suatu produk.
6. Promo atau diskon
Fitur promo atau diskon merupakan fitur yang sangat dinantikan oleh para pengguna aplikasi katalog produk. Untuk menghasilkan katalog produk yang menarik, ini adalah salah satu fitur yang harus ditampilkan di dalamnya. Karena dengan adanya informasi promo dan diskon dari produk, maka pembeli akan semangat dalam berbelanja serta membeli produk di toko kalian.
7. Produk Unggulan
List produk unggulan juga dapat menjadi solusi terbaik yang bisa ditampilkan pada aplikasi mobile katalog produk. Hal ini dimaksudkan agar konsumen dapat mengetahui produk mana saja yang difavoritkan konsumen lain. Untuk menilai suatu produk layak sebagai produk unggulan atau tidak dengan berdasarkan pada rating, produk terbaru, produk yang banyak difavoritkan oleh konsumen lain, maupun produk yang direkomendasikan oleh pemilik toko.
Fitur-fitur di atas bisa kalian jadikan referensi untuk mendukung bisnis kalian di era digital ini. Pengemasan produk sangat berpengaruh untuk menarik perhatian konsumen. Dengan memiliki aplikasi atau website katalog produk, kalian dapat menekan biaya promosi melalui cetak katalog produk. Bisnis kalian juga akan terlihat ekslusif serta menarik, karena website dan aplikasi dapat diakses kapanpun dan dimanapun melalui smartphone konsumen. Jika kalian berminat untuk diskusi lebih lanjut tentang jasa pembuatan aplikasi mobile, kalian bisa langsung mengunjungi website CAN Creative atau follow akun social media CAN Creative.