Sudahkah Anda mengetahui apa yang dinamakan dengan landing page? Jadi, Landing Page terdiri dari kata “landing” yang berarti mendarat dan kata “page” yang berarti halaman. Secara umum, landing page berarti halaman dalam website yang didesain khusus dengan mengkombinasikan strategi marketing. Halaman ini bisa muncul jika pengunjung mengklik sebuah tautan atau link tertentu. Landing page bukan sekedar kumpulan tulisan dan gambar yang disusun sedemikan rupa. Akan tetapi, landing page adalah sebuah halaman yang akan menentukan masa depan bisnis Anda, karena dengan membuat landing page maka akan ada satu tujuan, yaitu menghasilkan konversi berupa peningkatan penjualan. Mungkin Anda bisa membuat desain landing page yang bagus dan menarik, namun jika tanpa memperhatikan anatominya, kecil kemungkinan landing page Anda bisa sukses dalam meningkatkan penjualan. Untuk itu, CAN Creative membagikan info seputar 5 tips untuk membuat landing page yang oke dan bisa Anda coba. Yuk belajar bersama CAN Creative ya

1. Desain Simple dan Menarik

Desain menjadi komponen utama untuk membuat landing page Anda lebih menarik. Besar kemungkinan juga, landing page mendatangkan lead dan conversion. Cobalah desain yang minimalis karena Less is more. Begitu juga halnya dengan desain, desain minimalis membantu Anda untuk focus dalam menyampaikan pesan. Maka dari itu, gunakan elemen visual seperlunya. Jangan tumpuk atau kombinasikan terlalu banyak visual dalam satu desain. Berikan desain white space serta font dengan ukuran yang cukup besar atau dengan warna berbeda untuk menekankan pesan Anda.

2. Headline Menarik

Pernahkah Anda mengalami kejadian dilampu merah misalnya, mungkin Anda pernah menjumpai ada penjual koran. Anda melihat ada tulisan besar disebuah koran, Anda tertarik kemudian Anda membeli koran tersebut. Tulisan besar yang membuat Anda memutuskan untuk membeli, itu adalah headline. Headline adalah serangkaian kata yang mampu menarik perhatian seseorang serta mampu memawakili seluruh isi konten. Sehingga di dalam landing page, peran headline sangatlah penting. Syarat headline di dalam landing page ada dua, yaitu ringkas dan jelas dan tidak bertele-tele, sehingga orang yang membacanya langsung mengerti apa yang dimaksud dan langsung action untuk menanggapi apa yang Anda tawarkan di landing page.

3. Kesesuaian Konten

Orang tidak ingin melihat konten yang sama di semua halaman. Kesesuaian konten juga akan menyelamatkan reputasi Anda di mata pelanggan. Oleh karena itu, lebih baik Anda selalu memperbarui konten yang mengarahkan pembaca ke satu produk / jasa yang akan Anda ditawarkan. Selain meng-edukasi pembaca, Anda juga dapat menyelipkan iklan produk/jasa Anda.

4. Miliki Tombol CTA (Call To Action) Yang Jelas

CTA merupakan sekelompok kata yang mendorong pembaca untuk segera melakukan tindakan menghubungi Anda. Ini sangatlah efektif karena biasanya berfungsi sebagai “dorongan” untuk pengunjung website Anda agar mengambil tindakan terhadap penawaran Anda.
Ingat, CTA Anda harus:
• Memiliki desain yang menarik. CTA Anda harus jelas dan menarik, sehingga audiens Anda tertarik untuk mengklik dan melakukan tindakan yang Anda inginkan.
• Kombinasi kata yang persuasif. Setiap kelompok kata tidak secara otomatis memenuhi syarat sebagai CTA yang baik. Misalnya, “Klik untuk melihat lebih banyak” atau “Kirim”. Beberapa kalimat ini tidak benar-benar menjelaskan dengan tepat seperti apa langkah selanjutnya, jadi ini bukanlah CTA yang efektif. Sebagai gantinya, Anda dapat menggunakan frase seperti ini untuk hasil yang lebih efektif “Klik untuk mendownload ebook GRATIS Anda” atau coba “Get Instant Access Now”.
Maka, jadilah kreatif dengan CTA Anda! Buat CTA Anda eye-catching dan simple. Sehingga klien potensial Anda tahu apa yang bisa didapatkan dari landing page Anda.

5. Menampilkan Testimoni

Testimoni merupakan cara klasik untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan pada usaha Anda. Jadi, sebisa mungkin, tambahkan testimoni atau review pelanggan ke dalam halaman landing page. Selain testimoni, Anda bisa juga pasang sertifikat penghargaan atau badge di landing page. Secara visual, cara ini lebih simpel dan efektif. Tujuannya pun sama yakni meningkatkan kepercayaan pelanggan.

Apa yang harus Anda lakukan sekarang? Mulailah meninjau landing page Anda dan masukkan tips-tips dari CAN Creative. Jika Anda belum membuat landing page, cobalah untuk membuatnya sekarang dan kita cari tahu perbaikan apa yang dilakukan pada bisnis Anda. Yuk cari tahu bersama CAN Creative. Untuk info selengkapnya, jangan lupa ikuti kami di instagram @cancreative, facebook CAN Creative dan website kami di can.co.id.