Review positif konsumen berasal dari kepercayaan yang tumbuh dari konsumen itu sendiri, dan hal tersebut harus diperhatikan oleh para pemilik usaha online. Rekam jejak adalah hal penting bagi usaha yang memang sudah lama berdiri maupun usaha yang baru berdiri. Bagi usaha yang sudah berdiri sejak lama, akan lebih mudah untuk memiliki track record yang baik, berbeda halnya untuk usaha yang baru berdiri. Mendapatkan review positif dari konsumen menjadi PR bagi pemilik bisnis online maupun offline. Tanpa adanya review positif dari pelanggan, hal ini akan menimbulkan kesulitan untuk mendapatkan kepercayaan pelanggan. Lantas, bagaimana caranya agar pelanggan tanpa pikir panjang langsung meninggalkan ulasan positifnya? Pelajari tipsnya berikut ini.

1. Jalin Komunikasi Baik (Mulai Dari Calon Konsumen Sampai Konsumen Yang Sudah Menjadi Langganan)

Dalam membangun hubungan yang baik dengan pelanggan, tentunya kita butuh komunikasi. Sebagai pemilik bisnis, Anda juga pasti tahu tentang hal ini, namun jangan hanya berkomunikasi dan merayu pelanggan di awal saja lalu membiarkannya pergi. Tetapi jaga komunikasi tersebut dengan meminta nomor kontak, email dan lainnya baik sebelum, selama atau setelah proses penjualan. Satu kunci dalam berkomunikasi yang baik. Selama berkomunikasi dengan konsumen, kita jangan hanya melakukan promosi dan promosi saja, sesekali kirimkan email berupa pertanyaan sehingga pelanggan ikut andil dalam komunikasi dua pihak.
Berikut contoh-contoh komunikasi yang diperlukan dalam membangun hubungan yang baik dengan pelanggan:
• Mengirim email tentang promosi terbaru secara pribadi.
• Mengirimi beberapa pertanyaan singkat tentang keluhan, kepuasan, dan kebutuhan pelanggan.
• Undang mereka untuk mengikuti platform social media / blog bisnis Anda.

2. Pertahankan Untuk Fast Respon

Kepercayaan sangat penting bagi keberlangsungan bisnis online maupun offline. Menjaga kepercayaan dari para pelanggan merupakan suatu keharusan bagi sebuah toko online yang cara operasionalnya sangat berbeda dengan toko fisik biasa. Dikarenakan beberapa situasi di antaranya, penjual dan pembeli tidak dapat bertemu secara langsung, pelanggan tidak dapat melihat langsung produk yang Anda jual serta proses pembayaran yang harus melalui transfer bank atau dengan sistem pembayaran online. Dari beberapa situasi tersebut berpotensi untuk menimbulkan keraguan pelanggan saat ingin berbelanja di toko online Anda. Untuk mengatasi hal tersebut akan kami bahas beberapa tips untuk menjaga kepercayaan pelanggan online di bisnis Anda :
• Menyediakan informasi yang dibutuhkan pelanggan, hal ini dilihat dari informasi umum tentang toko dan informasi yang sering ditanyakan oleh pelanggan.
• Mudah untuk dihubungi, sehingga keluhan dari pelanggan bisa cepat diatasi.
• Tunjukkan kepedulian Anda agar pelanggan memiliki rasa nyaman saat melakukan komunikasi dengan Anda.

3. Sering Mengadakan Promo Untuk Konsumen Loyal

“Promosi Itu Penting” adalah ungkapan yang banyak digunakan untuk menjelaskan pentingnya melakukan promosi dalam sebuah usaha. Salah satunya ialah cara memasarkan produk yang kian beragam, sehingga promosi atau mengiklankan sebuah produk kini telah menjadi sebuah keharusan untuk mendukung usaha Anda. Anda dapat memberikan promo khusus bagi pelanggan setia Anda sehingga mereka akan merasa dianggap keberadaannya. Bagi Anda yang masih penasaran, berikut ini merupakan bentuk promo yang sangat disukai konsumen :
• Memberikan cashback.
• Memberikan diskon.
• Promo buy 1 get 1 free.

4. Mengadakan Giveaway

Giveaway sendiri berarti pemberian hadiah gratis pada siapa saja yang memenuhi syarat tertentu yang diberikan oleh pemilik. Instagram menjadi platform yang sangat populer untuk mengadakan giveaway. Yang pasti, dalam membuat giveaway/lomba berhadiah, Anda harus memperhatikan tujuan yang ingin Anda capai. Jangan asal bagi-bagi hadiah. Tapi, tetapkan target khusus dari promosi tersebut. Secara umum, giveaway terbagi menjadi dua bentuk, yaitu:
• Undian (sweepstakes), yang benar-benar bergantung pada keberuntungan dari masing-masing pelanggan.
• Lomba (contest), yang melibatkan keahlian, kreativitas,dan penilaiannya berdasarkan kriteria tertentu.

5. Membuat Fitur Yang Mudah Untuk Konsumen Memberikan Review

Menyediakan fitur yang friendly untuk konsumen dalam memberikan review dengan menjelaskan langkah-langkah yang mudah diikuti. Fitur rating star terhadap produk atau jasa yang kita berikan bisa diterapkan agar mempermudah konsumen dalam memberikan review atau bisa juga dengan menyediakan kolom komentar untuk penjelasan yang lebih lanjutdari konsumen.

Jadi kesimpulannya, mendapatkan review positif dari pelanggan adalah cara terbaik untuk membantu bisnis Anda dan juga menarik calon pembeli. Bagaimana? Jika Anda membutuhkan aplikasi atau website yang mampu memberikan kemudahan dalam menjalankan bisnis Anda, Anda dapat melakukan diskusi dengan CAN Creative melalui instagram @cancreative, facebook CAN Creative atau mengunjungi laman can.co.id.