Bicara tentang “customer engagement”, rasanya kurang lengkap jika kita belum memahami pengertian dari istilah ini terlebih dahulu. Lalu, apa yang dimaksud dengan customer engagement? Customer engagement adalah suatu hubungan komunikasi atau interaksi yang terjalin antara para pemilik kepentingan eksternal seperti konsumen (pelanggan) dan pihak internal (produsen atau perusahaan) melalui berbagai saluran korespondensi. Customer engagement disebut juga sebagai keterikatan pelanggan, yang mana hubungan komunikasi antara produsen dan konsumen bisa terjadi melalui suatu interaksi, atau pengalaman yang dirasakan pelanggan secara keseluruhan terhadap produk atau layanan jasa yang mereka pilih.

Mengapa customer engagement penting? Ketika kita berhasil menciptakan customer engagement dalam jangka panjang, maka konsumen akan merasa puas dengan produk atau layanan jasa yang kita berikan. Salah satu indikator keterlibatan pelanggan yang berhasil adalah loyalitas konsumen menjadi semakin meningkat pada produk dan layanan jasa kita. Artikel ini bertujuan agar Anda memiliki perencanaan tindakan customer engagement yang tepat. Tertarik untuk mengetahuinya? Yuk, kita simak penjelasannya berikut ini.

1. Melakukan Inovasi Yang Menarik Dalam Penyajian Konten Di Sosial Media

Seperti yang kita ketahui bahwa media sosial adalah platform ampuh yang bisa membantu kita dalam mempromosikan merek produk dan meningkatkan customer engagement. Ketika mencoba mendekati dan melibatkan pelanggan, jangan hanya membagi berita atau promosi perusahaan saja. Pastikan Anda memberikan konten yang sarat akan nilai. Bila Anda memberi konten yang menarik perhatian pelanggan, maka mereka akan terus mengunjungi bahkan mereferensikan akun sosial media Anda. Anda kemudian bisa menyisipi pesan marketing. Beberapa contoh konten yang perlu Anda buat:
• Tips dan trik menggunakan produk Anda
• Informasi tentang keunggulan masing-masing produk atau layanan Anda.
• Informasi tentang produk atau layanan terbaru yang Anda miliki.
• Pembahasan tentang kendala yang dialami oleh pelanggan.
Variasikan konten dan share sesuatu ke pelanggan setidaknya setiap minggu. Jangan takut untuk bereksperimen dengan konten Anda dengan mencari tahu konten jenis apa yang memperoleh klik paling banyak. Sertakan juga tag yang berhubungan dengan produk atau layanan pada setiap postingan Anda. Kemudian analisa masing-masing konten Anda untuk mengetahui pembahasan apa yang memperoleh banyak tanggapan dari pembaca. Hal tersebut dapat Anda manfaatkan untuk memperbanyak konten yang bertema sama, agar menarik lebih banyak pembaca. Media sosial merupakan platform yang sangat efektif untuk menjalin customer engagement. Penggunanya tersebar diseluruh dunia sehingga tidak perlu diragukan lagi.

2. Adakan Event Berkala

Apakah Anda mengetahui, dengan mengadakan event secara berkala juga dapat meningkatkan customer engagement? Yup, benar sekali, dengan adanya event seperti giveaway, lomba blog, share foto di akun media sosial yang menandai akun bisnis Anda dan event menarik yang lain. Hal ini dapat meningkatkan perhatian konsumen ke produk bisnis Anda. Umunya, give away sendiri ada 2 macam yakni :
• Lomba (Contest)
Giveaway ini biasanya diadakan untuk meningkatkan kepopuleran suatu produk. Contohnya, buatlah persyaratan agar peserta membuat caption keunggulan menggunakan produk/layanan jasa Anda. Pastikan Anda memilih pemenang dengan dari like dan komentar terbanyak. Perhatikan juga nilai estetika dari konten yang dibuat oleh peserta.
• Undian (Sweepstakes)
Undian merupakan giveaway yang tidak ribet. Peserta pun bisa langsung mengikutinya. Giveaway ini cocok untuk meningkatkan jumlah follower, like, dan komentar. Cocok untuk meningkatkan engagement. Anda bisa meminta peserta yang ingin mengikutinya untuk like, tag teman, dan mem-follow IG Anda.
Tentunya event semacam ini harus dipikirkan konsepnya secara matang dan menarik agar diikuti oleh banyak peserta.

3. Berikan Promo Dan Reward Menarik

Dengan memberikan penawaran spesial atau potongan harga pada konsumen, Anda dapat membuat mereka merasa lebih dihargai. Anda dapat melakukan kegiatan berikut ini agar customer engagement meningkat.
• Memberikan diskon atau potongan harga
Harga masih menjadi faktor utama bagi konsumen ketika melakukan transaksi pembelian. Oleh karena itu, promo potongan harga selalu ditunggu.
• Membebaskan biaya kirim atau free ongkir
Jika konsumen diberikan kemudahan dalam free ongkir, maka hal ini akan menjadi value yang lebih. Pasalnya, mereka akan memanfaatkan momen ini untuk segera melakukan order.
• Menawarkan cashback
Cashback berlaku jika pembelian yang dilakukan memenuhi syarat tertentu yang sudah Anda buat. Biasanya, konsumen akan mendapatkan cashback jika melakukan transaksi dengan nominal tertentu atau jenis produk tertentu.
• Mengadakan promo beli 1 gratis 1
Jika Anda akan launching produk baru, hal ini patut dicoba pasalnya konsumen menyukai promo yang seperti ini dan produk Anda menjadi lebih banyak terjual karena konsumen mendapatkan 2 produk sekaligus. Namun, Anda juga harus membatasi pembelian produk untuk masing-masing konsumen, agar konsumen lain juga dapat mencoba produk Anda.
• Membagikan voucher atau kupon promo
Di era digital ini, penggunaan e-voucher mulai menggantikan voucher fisik. Dengan beragam promosi yang ditawarkan melalui voucher, apapun jenis bisnis yang Anda jalankan akan berpotensi menaikkan pendapatan (revenue).
• Pengumpulan poin reward
Poin rewards adalah salah satu contoh promosi melalui customer loyalty program. Artinya, konsumen yang loyal menggunakan produk Anda berhak mendapatkan penawaran khusus dari point yang dimiliki.
• Manfaatkan momen HARBOLNAS (hari belanja online nasional )
Dengan adanya event tersebut Anda dapat memberikan gratis ongkir , harga spesial dan sebagainya. Untuk pelaksanaan HARBOLNAS ini bisa anda lakukan secara berkala. Sehingga, konsumen Anda akan menunggu untuk mengikuti event ini.
Contoh promo-promo di atas adalah sebagian jenis promo yang bisa Anda jadikan referensi. Sejatinya, untuk menarik perhatian konsumen, Anda harus melakukan promosi, salah satunya dengan mengadakan event.

4. Membuat Situs Web yang Profesional untuk Bisnis Anda

Membuat situs web yang profesional untuk bisnis kita adalah suatu hal yang penting. Melalui situs web, kita bisa menawarkan beberapa manfaat bisnis kita terhadap pelanggan. Selain itu, bisnis kita juga akan dinilai lebih profesional dan berkelas dibandingkan hanya mengandalkan media sosial atau melayani secara manual. Situs web bisnis kita adalah investasi jangka panjang di masa depan. Beberapa hal berikut ini dapat membantu memaksimalkan situs web bisnis kita:
• Posting foto dan video singkat terbaik dari produk dan layanan jasa Anda ke dalam situs web. Anda bisa menyertakan harga masing-masing produk dan layanan jasa dengan jelas dan rinci, sehingga pelanggan bisa melakukan kalkulasi terhadap produk atau layanan jasa yang mereka inginkan.
• Berikan kolom “Rekomendasi produk” yang terdiri dari produk-produk yang paling sering dibeli oleh pelanggan lain.
• Cantumkan akun-akun media sosial bisnis kita di situs web.
• Sertakan langkah-langkah untuk melakukan pemesanan produk/layanan Anda.
• Anda juga dapat menambahkan fungsi order langsung melalui website.
• Cantumkan informasi kontak untuk layanan pelanggan.
• Anda juga bisa menulis konten yang menarik seperti blog terkait setiap produk atau layanan jasa yang Anda tawarkan.

Yuk, satu langkah lebih professional dengan membuat website idaman Anda.

5. Penggunaan Aplikasi Mobile

Hingga hari ini peran aplikasi dalam sebuah siklus aktif pelanggan terbagi menjadi tiga, yakni pra-transaksi, mendukung transaksi, dan pasca-transaksi. Semuanya digunakan untuk meningkatkan loyalitas, meningkatkan komunikasi, dan layanan. Perusahaan juga memanfaatkan aplikasi mobile karena jelas lebih disukai oleh konsumen karena kemudahan dan fleksibelitasnya, juga untuk meningkatkan customer engagement dan memperkuat value brand mereka. Maka dari itu mulailah berfokus untuk membuat aplikasi mobile yang mampu meningkatkan call to action dan customer engagement. Aplikasi mobile harus mengambil peran lebih banyak dibanding channel bisnis yang lain. Dengan aplikasi mobile bisnis yang mengutamakan strategi experience customer, dapat memberikan pengalaman baru bagi konsumen, sehingga mampu meningkatkan profit bisnis Anda.

Nah, dengan menggabungkan 5 cara di atas, Anda akan lebih dimudahkan dalam membangun customer engagement dengan para pelanggan. Apakah Anda tertarik untuk menerapkannya sekarang? Jika Anda ingin mulai menerapkan tips di atas, maka CAN Creative siap untuk membantu Anda. CAN Creative tidak hanya menyediakan jasa tetapi juga sebagai partner dalam mewujudkan ide Anda. Jangan lupa follow di instagram @cancreative, facebook CAN Creative dan website can.co.id.