On-Page SEO

          Pada artikel SEO sebelumnya “Belajar SEO Part 1“, telah dibahas mengenai definisi dari On-Page SEO itu sendiri. On-Page SEO merupakan faktor yang menentukan teroptimasi atau tidaknya halaman website Anda terhadap mesin pencari (Search Engine)dilihat dari dalam websitenya sendiri. Optimasi On-Page bertujuan agar mesin pencari mengetahui apakah website anda memang relevan/sesuai denga apa yang dicari oleh user. Kunci utama dalam membangun On-Page SEO ada 2 yaitu relevan dan kualitas.

       Dalam SEO, konsep optimasi On-Page merupakan hal yang paling utama yang harus Anda pahami. Masih ada optimasi SEO lainnya (Off-Page SEO yang akan dibahas pada Part selanjutnya), namun tanpa memahami dan menerapkan optimasi On-Page, maka akan percuma jika Anda melakukan strategi lainnya. Tujuan Anda mengoptimasi SEO agar:

  1. Bermanfaat bagi pengunjung
  2. Memudahkan pengunjung untuk melakukan eksplorasi
  3. Kenyamanan Pengunjung
  4. Mesin pencari mengerti struktur website Anda

Lalu yang menjadi pertanyaan selanjutnya adalah, Mengapa Anda dituntut untuk lebih fokus ke pengunjung padahal Anda akan optimasi ke mesin pencari?

Ini alasannya…

        Mesin pencari dapat mengetahui apakah pengunjung puas dengan halaman yang mereka kunjungi atau tidak. Contoh sederhananya begini, bayangkan jika Anda mencari sesuatu di Google dan masuk ke salah satu website. Ternyata isi dari website tersebut tidak sesuai dengan yang Anda harapkan. Kemungkin besar yang terjadi adalah Anda akan langsung menutup (close) halaman website tersebut dan mecari website lain. Karena Google ingin menampilkan website-website yang memuaskan pengguna, maka website Andapun harus bisa memuaskan pengunjung.

 

Riset Kata Kunci dan Analisa Kompetisi

User melakukan pencarian di mesin pencari menggunakan kata kunci (keyword), dan mesin pencari akan memberikan hasil yang relevan dengan keyword tersebut. Dengan bantuan tool dari google, kita dapat melakukan riset untuk mendapat keywordyang paling banyak dicari pengunjung namun dengan kompetisi yang rendah. Bagi website atau blog yang belum memiliki podasi SEO yang kuat, ada kalanya perlu mengincar keyword yang kompetisinya rendah agar website Anda tetap bisa muncul di halaman pertama di mesin pencari.

Riset keyword dengan Google Keyword Planner

Salah satu tool yang bisa Anda gunakan untuk riset kata kunci adalah dengan Google Keyword Planner. Selain gratis, tool ini juga memiliki fitur yang lengkap dan lebih akurat.

Mencari kata Kunci dengan persaingan terendah

Jika Anda pemilik website baru, gunakan kata kunci dengan tingkat persaingan rendah. Karena website baru belum memiliki pondasi yang kuat sehingga akan kalah jika bersaing dengan website besar lainnya.

Long Tail Keyword

Satu lagi yang perlu Anda kenal mengenai riset kata kunci yaitu long tail keyword atau kata kuncing berekor panjang. Selain keyword yang Anda cari, Google Keyword Planner juga menampilkan jumlah pencarian dai kata kunci yang sejenis.

Contoh sederhananya seperti ini. Jika Anda mencari keyword “beli baju”, maka hanya ada 320 pencari per bulan. Tetapi jika Anda mengoptimasi “beli baju online” maka total pencariannya adalah 1.300+320=1.620 pencari per bulan.

Namun keputusan tetap ditangan Anda. Anda lah yang tahu relevan atau tidaknya konten yang Anda buat dengan long tail keyword yang ada.

Content Marketing

Konten marketing adalah segala usaha pemasaran yang dilakukan dengan cara menyediakan konten yang bermanfaat untuk pengunjung dengan tujuan agar mereka mengenali bisnis/ usaha yang Anda jalankan.

SEO dan konten marketing saat ini bagaikan dua sisi pada sebuah koin. Dulu, kesalahan yang sering terjadi seorang konten marketer tidak memperhatikan SEO. Dan sebaliknya, praktisi SEO tidak memperhatikan konten. Akibatnya proses pengoptimalan website tidak berjalan dengan maksimal. Strategi konten marketing yang tepat dan dibantu dengan optimasi mesin pencari adalah kunci sukses dari website dan bisnis online Anda.

SEO Modern = Konten Marrketing + SEO

Pengguna ingin mendapatkan informasi terbaik secepat mungkin. Dan untuk memuaskan pengguna, Google akan menempatkan informasi terbaik di posisi teratas. Dengan demikian, untuk mendapatkan posisi teratas di mesin pencari, anda harus membuat informasi terbaik untuk website atau blog yang Anda miliki.

Lalu, untuk membuat konten terbaik, apa yang harus Anda lakukan?

  1. Utamakan kualitas konten
  2. Kuantitas konten tidak terlalu penting
  3. Google me-ranking halaman, bukan website
  4. Penggunaan Keyword

Yang menjadi catatan disini adalah, apabila user menginginkan konten maka Google akan memberikan konten. Tetapi jika mereka ingin membeli produk atau jasa pada bisnis Anda, maka halaman penjualan produk atau jasa itulah yang akan di utamakan.

Jangan lewatkan artikel-artikel kami selanjutnya yang akan mengulas habis tentang Optimasi SEO dalam sesi “Belajar SEO Part 3”

WhatsApp chat