Namun, untuk membuat sebuah situs website tentu memiliki tantangan tersendiri, terutama mengenai persaingan situs dalam hasil pencarian. Mendapatkan hasil pencarian yang lebih baik dalam mesin pencarian adalah hal yang sangat penting. Tentu Anda mengharapkan bahwa situs website yang Anda miliki berada di halaman pertama bahkan di peringkat pertama dalam mesin pencari. Meski Anda telah membangun website dengan desain menarik dan fitur yang lengkap, langkah ini belum cukup untuk kesuksesan website bisnis Anda.

        Setelah membangun situs sesuai dengan bisnis yang Anda jalankan, langkah yang perlu Anda lakukan adalah mencari cara agar situs website Anda dikunjungi oleh banyak pengunjung potensial. Salah satu cara yang perlu Anda lakukan adalah dengan optimasi SEO.

Mengenal SEO Lebih Dekat

         SEO (Search Engine Optimization) adalah “seni atau ilmu” yang digunakan untuk meningkatkan peringkat website atau blog Anda pada halaman hasil pencarian di mesin pencari seperti Google atau Search Engine Result Pages (SERPs). SEO merupakan berbagai usaha yang dilakukan pada sebuah website atau blog yang tujuannya adalah untuk meningkatkan jumlah visitor yang datang di Search Engine. Dari definisi tersebut, kemudian teknik SEO dikembangkan dan terus dipelajari oleh para teknik SEO untuk menarik sebanyak-banyaknya pengunjung menuju website atau blog dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma Search Engine tersebut. Effort para pakar SEO ini yang biasa dikenal dengan istilah “Optimasi SEO”.

         Optimasi SEO digolongkan menjadi dua jenis yaitu optimasi SEO-On Page dan optimasi SEO -Off Page. Optimasi SEO-On Page adalah optimasi mesin pencari yang dilakukan dari dalam website atau blog itu sendiri. Sedangkan untuk optimasi SEO-Off Page yaitu optimasi mesin pencari yang dilakukakn dari luar website atau blog itu sendiri. Jika kita lihat dari segi teknisnya, optimasi SEO dapat digolongkan lagi menjadi dua yaitu teknik White Hat SEO dan teknik Black Hat SEO. Teknik White Hat SEO adalah suatu teknik optimasi SEO yang dilakukan secara bersih. Maksudnya disini adalah teknik optimasi SEO yang dilakukan secara benar, tidak menyalahi aturan TOS (Term Of Service) pada mesin pencari. Teknik ini sangat dianjurkan karena lebih aman dan alami jika digunakan. Berbeda dengan teknik White Hat SEO, teknik Black Hat SEO merupakan teknik optimasi SEO yang dilakukakn dengan cara-cara “kotor”, yang apabila dilakukan akan mendapatkan punishment fatal dari Google dan mesin pencari lainnya. Teknik Black Hat SEO ini tentu sudah jelas melanggar aturan TOS atau aturan main yang telah dibuat oleh Google atau mesin pencari lainnya.

Konsep Dasar SEO

        Google dan mesin pencari lainnya merupakan sebuah produk. Mereka ingin supaya orang lain puas dengan layanan yang mereka berikan. Pengguna menginginkan agar website terbaik yang relevan dengan mesin pencarian muncul dihalaman pertama. Karena itulah mesin pencari selalu ingin menampilkan hasil terbaik untuk setiap kata kunci yang dimasukkan pengguna.

     Jadi dapat disimpulkan bahwa inti dari SEO adalah usaha untuk menjadikan website atau blog yang Anda miliki menjadi yang terbaik sesuai dengan kata kunci (keyword) yang Anda inginkan.

SEO (Search Engine Optimization) adalah “seni atau ilmu” yang digunakan untuk meningkatkan peringkat website atau blog Anda pada halaman hasil pencarian di mesin pencari seperti Google atau Search Engine Result Pages (SERPs).

         Ketika Anda membutuhkan informasi dari internet, apa yang Anda gunakan untuk mencari informasi tersebut? Apakah Google ataukah Bing? Atau mesin pencari lainnya?

          Jika Anda sudah akrab dengan dunia digital, pasti Anda sudah tidak asing lagi dengan mesin pencari khususnya Google dan Bing. Bukan hanya Anda yang menggunakan kedua search engine tersebut, melainkan miliaran orang di dunia juga menggunakannya. Itu sebabnya mesin pencari mampu mendatangkan banyak pengunjung ke sebuah situs website atau blog. Mesin pencari mampu mengirimkan pengunjung dengan kualitas tinggi. Jika Anda menjual produk/jasa di website, maka orang-orang dari mesin pencari lah yang kemungkinan besar akan membeli. Bahkan kualitas trafiknya yang terbesar ke-2 setelah email. Oleh karena itu Digital Marketer seringkali menggunakan teknik SEO dalam strategi pemasaran bisnisnya.

Apa Saja yang Harus Anda Pelajari?

         Ada beberapa komponen utama dalam Optimasi SEO. Komponen-komponen inilah yang akan menentukan seberapa baik website anda secara SEO. Komponen ini juga akan berpengaruh terhadap urutan peringkat di hasil pencarian search engine. Apa saja komponen-komponen tersebut? Secara singkat, inilah yang perlu Anda pelajari untuk Optimasi SEO;

  1. Optimasi Halaman Website
  2. Keyword Research
  3. Menganalisa Kompetisi
  4. Membuat Konten yang teroptimasi
  5. Membangun Link,Popularitas dan Reputasi
  6. Melakukan Audit pada Performa SEO

         Keenam komponen ini akan dibahas pada “Belajar SEO Part 2” di artikel selanjutnya. Siapkan diri Anda dan pelajari seluruh komponen penting pada Optimasi SEO untuk strategi pemasaran bisnis Anda. Stay at CAN Creative.

WhatsApp chat